Menu

Nyeri Sendi? Coba Rutin Konsumsi Buah Anggur Deh, Dijamin Khasiatnya Dahsyat!

16 November 2021 10:35 WIB

Ilustrasi buah anggur (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Radang sendi atau artritis merupakan peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi dan membuat sendi menjadi kaku dan sulit bergerak.

Radang sendi memang bisa dialami oleh siapa saja, tapi kondisi ini paling sering terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun.

Cara yang paling efektif untuk mengelola gejala radang sendi adalah mengonsumsi makanan tertentu, salah satunya buah anggur.

Anggur memiliki banyak nutrisi penting untuk membantu tubuh mengatasi gejala radang sendi yang menyakitkan. Anggur juga kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi kuat.

Satu penelitian kecil terhadap 24 pria memberi peserta bubuk anggur pekat yang setara dengan porsi 250 gram anggur segar selama tiga minggu. 

Peserta yang mendapatkan bubuk anggur mengalami penurunan tingkat peradangan, dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo.

Hal ini menunjukkan bahwa anggur adalah antiinflamasi yang efektif. Konsumsi anggur bisa membantu mengurangi pembengkakan menyakitkan di sekitar sendi rematik.

Anggur juga mengandung banyak senyawa tanaman alami yang bisa membantu menenangkan sendi-sendi yang sakit.

Resveratrol adalah salah satu senyawa pada kulit anggur yang telah dipercaya mampu mengobati radang sendi. Satu penelitian laboratorium menemukan resveratrol bisa mencegah pembentukan sel rheumatoid arthritis.

Senyawa tanaman lain yang ditemukan dalam anggur adalah proanthocyanidin. Senyawa ini bisa membantu mengurangi peradangan terkait arthritis dalam penelitian tabung reaksi lain.

Sementara hasil dari penelitian di lingkungan laboratorium terkontrol cukup menjanjikan, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk menentukan seberapa efektifnya makan buah anggur untuk radang sendi.

Namun, kita tahu bahwa ada banyak jenis anggur. Anggur merah pun salah satu buah beri yang mengandung resveratrol, senyawa nabati yang dikenal karena sifat antiinflamasinya.

"Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi anggur dikaitkan dengan penurunan risiko osteoarthritis lutut," kata badan kesehatan radang sendi dikutip dari Express.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan