Menu

Gula Darah Aman Terkendali, Inilah 5 Ide Sarapan Sehat untuk Si Penderita Diabetes, Catat Ya!

17 November 2021 07:00 WIB

Makanan sehat. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Bagi para penderita diabetes, mengubah gaya hidup dan pola makan yang sehat adalah hal yang penting untuk dilakukan supaya kadar gula darah tetap terkontrol.

Si penderita diabetes juga enggak boleh meninggalkan jadwal makannya, apalagi saat sarapan. Konsumsilah makanan sehat yang aman untuk gula darah.

Melansir dari laman Healthshots, berikut ini beberapa ide sarapan sehat untuk para penderita diabetes. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Oat

Oat mengandung sumber serat yang baik dan memastikan penyerapan gula ke darah tetap lambat dan stabil. Namun, pastikan kamu menghindari variasi rasa pada oat.

Perasa pada oat mungkin mengandung bahan-bahan yang dapat berdampak negatif pada kadar gula darah kamu. Makanya, pilih saja jenis oat biasa.

Telur rebus

Telur rebus mengandung tinggi protein dan rendah karbohidrat. Telur rebus dapat memberi tubuh nutrisi dan energi yang tepat tanpa mengacaukan kadar gula darah.

Nah, supaya lebih nikmat saat menyantap makanan, kamu bisa taburkan sedikit garam dan merica untuk menambah rasa pada telur rebus. 

Campuran kacang dan biji-bijian

Campuran kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung kaya protein dan membuat kamu kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Enggak hanya itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga baik untuk kesehatan jantung.

Buah

Makan buah-buahan seperti apel, stroberi, dan kiwi baik untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Buah-buahan tersebut bisa meningkatkan energi tanpa mengusik kadar gula darah.

Bayam

Bayam enggak banyak berpengaruh negatif pada kadar gula darah seseorang dan memiliki beberapa efek positif pada kesehatan secara keseluruhan. Bayam merupakan sumber zat besi dan kaya vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Nah, itulahh beberapa ide menu sarapan yang aman untuk penderita diabetes. Cobain deh!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita