Menu

Oh... Ternyata Ini Penyebab Utama Ginjal Rusak, Bukan Gegara Minum Obat Lho!

17 November 2021 08:00 WIB

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/healthcentral)

HerStory, Jakarta —

Penyakit ginjal merupakan gangguan fungsi pada organ ginjal. Kerusakan pada ginjal akan menyebabkan produksi limbah dan cairan menumpuk di dalam tubuh. 

Namun, masalah ginjal yang dialami oleh penderita diabetes bukan disebabkan oleh obat yyang dikonsumsi melainkan gula darah yang enggak terkontrol.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal dan Hipertensi dr. Tunggul D Situmorang.

"Penyebab utama gagal ginjal bahkan sampai cuci darah adalah hipertensi dan diabetes yang enggak terkontrol," kata dr. Tunggul dalam acara diskusi Kalbe virtual pada Selasa (17/11/2021).

Dokter Tunggul juga mengatakan bahwa penyakit diabetes dan hipertensi bisa membuat kerja ginjal jadi lebih berat, bahkan bisa mengancam organ lainnya.

Solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah gagal ginjal pada pasien diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah dengan baik.

Lebih lanjut, kalau hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat dikendalikan dengan baik, maka bisa mencegah gagal ginjal.

Fakta tersebut juga menegaskan bahwa mengonsumsi obat enggak akan membuat ginjal rusak atau terserang penyakit gagal ginjal.

"Bahwa orang selalu takut makan obat, karena rusak ginjalnya. Padahal yang merusak ginjalnya, itu adalah tidak terkontrolnya, atau tidak tercapainya pengendalian gula darahnya," jelas dr. Tunggul.

Artikel Pilihan