Menu

Tak Melulu Jadi Tanda Diabetes, Ini 6 Penyebab Lain Luka Tak Kunjung Sembuh

17 November 2021 15:00 WIB

Ilustrasi pengobatan luka. (Pinterest/Draxe.com)

HerStory, Jakarta —

Memiliki luka di tubuh tentu tak bisa dielakkan. Kondisi ini hal yang sering terjadi pada banyak orang yang disebabkan karena terjatuh, goresan benda tajam atau hal lain.

Normalnya luka akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat luka terlambat kering, seperti karena penyakit diabetes.

Perlu diketahui bahwa pecepatan penyembuhan luka pada beberapa orang ini berbeda. Tapi, penyebab luka tiak lekas kering bisa jadi tanda Anda mengidap penyakit kronis.

Nah, berikut ini beberapa penyebab yang mungkin membuat lukamu tak kunjung sembuh:

1. Kurangnya Nutrisi yang Masuk

Pemulihan luka akan bergantung pada kondisi tubuh. Idealnya pada tubuh yang sehat, maka luka luar akan kering dengan cepat.

Ketika luka luar tak lekas kering, bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda kurang mendapatkan asupan nutrisi. Konsumsi makanan bergizi dan nutrisi tinggi, agar tubuh memiliki kemampuan untuk pulih lebih cepat.

2. Kandungan Nikotin

Selain kurangnya asupan nutrisi, nikotin dalam rokok juga bisa jadi penyebab luka tak lekas kering. Nikotin secara langsung akan menurunkan aliran darah pada bagian kulit, sehingga jaringan yang rusak pada luka luar tak kunjung pulih. Ada baiknya ketika mengalami luka luar, kurangi atau berhenti merokok.

3. Pada Tingkat Parah, Bisa Jadi Disebabkan Kanker

Ya, bukan tak mungkin luka luar yang tak kunjung pulih dan sembuh juga disebabkan oleh sel kanker. Sel ini akan terus merusak jaringan di sekitar luka, sehingga luka luar tak kunjung kering.

Jika berlangsung dalam waktu lama, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kepercayaan Anda. Itulah penyebab luka tidak lekas kering yang ketiga dan perlu kalian perhatikan benar-benar.

4. Terjadinya Infeksi

Penyebab luka tidak lekas kering selanjutnya adalah adanya infeksi. Hal ini bisa ditandai dengan munculnya demam, nyeri yang semakin menjadi, dan perubahan warna pada bagian yang terluka. Anda bisa memberikan antibiotik untuk melawan infeksi atau memeriksakannya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Gesekan dan Tekanan Terus Menerus

Luka terbuka yang mendapat gesekan atau tekanan secara terus menerus dapat mengakibatkan trauma. Sehingga luka tak kunjung kering. Biasanya luka ini berada pada bagian tubuh yang sering dipakai aktifitas atau tertutup pakaian.

Jika luka cukup besar, Anda bisa membalutnya dengan perban. Atau hindari gesekan atau sentuhan terlalu intens pada bagian yang terluka.

6. Diabetes

Mungkin yang menjadi kabar terburuk penyebab luka tidak lekas kering adalah diabetes yang diderita oleh pemilik luka. Kadar gula dalam darah yang tinggi menurunkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga pemulihan berjalan sangat lambat. Ketika luka terus menerus dalam keadaan basah, maka resiko infeksi dan peradangan akan meningkat.

Untuk mengatasi luka luar yang tak kunjung sembuh, sebenarnya lebih direkomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Namun jika anda tidak sempat, balut dengan perban dan obat luka seperti betadine atau hansaplast.

Itulah beberapa penyebab luka tidak kunjung kering di atas semoga bisa jadi pengetahuan berguna untuk Anda. Tetap terapkan protokol kesehatan dengan ketat, dan semoga sehat selalu!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana

Artikel Pilihan