Menu

5 Ide Permainan Seru untuk Dilakukan Bersama Anak, Wajib Banget Dicoba sih Moms

17 November 2021 16:15 WIB

Ibu dan anak sedang bermain. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Ketika ada waktu luang lebih baik memanfaatkannya dengan bermain bersama anak. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan ikatan emosional dan hubungan antara orang tua dan anak.

Orang tua dapat melakukan permainan bersama anak, ini juga bisa mengatasi rasa bosan anak di rumah terus selama masa pandemi.

Nah, berikut ada beberapa ide permainan yang bisa dilakukan bersama anak di rumah.

Petak umpet

Permainan ini banyak digemari oleh anak-anak. Nah, Moms bisa melakukan petak umpet di rumah, pastikan bahwa menghindari tempat-tempat berbahaya seperti dekat kompor, tepi tangga, atau kamar mandi. Namun, jika rumah Moms gak terlalu besar, coba untuk menutup pintu, jendela, dan matikan lampu.

Berburu hadiah

Selain seru, permainan ini juga melatih kemampuan problem solving dan jiwa observasi pada anak. Moms bisa menyembunyikan barang atau hadiah seperti permen, biskuit, atau snack lain yang bisa dinikmati di akhir permainan.

Puzzle

Permainan ini juga bisa melatih otak anak dan kesabaran. Jelaskan pada anak bahwa permainan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam merangkai gambar menjadi gambar yang utuh.

Sentuh dan tebak

Permainan ini bisa melatih anak mengenal benda-benda di sekitarnya melalui sentuhan. Caranya siapkan kotak atau kardus, buat lubang di bagian atas untuk tangan anak. Lalu masukkan benda di dalam kardus tersebut. Setelah itu biarkan anak menebak benda yang di pegangnya.

Bermain peran

Moms dan anak bisa bermain peran seperti dokter dan pasien, masak-masakan, menjadi superhero, polisi, dan lainnya. Permainan ini juga bisa melatih kreativitas, membangun kepercayaan diri anak, dan kemampuan sosialnya.

Artikel Pilihan