Menu

Benarkah Virus Corona Bisa Menyebar di Air? Ini Penjelasannya...

28 Mei 2020 14:00 WIB

Seorang wanita sedang berenang. (Unsplash/Haley Phelps)

HerStory, Jakarta —

Jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona semakin bertambah. Virus corona atau Covid-19 ini sudah memakan banyak korban jiwa di seluruh dunia. Gejala-gejala yang dialami pasien penderita virus corona juga semakin beragam. Enggak hanya sesak napas, batuk, dan demam, tapi banyak gejala-gejala baru yang muncul.

Virus corona juga dapat bertahan di benda-benda yang kita gunakan sehari-hari. Maka dari itu, kita harus selalu berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan. Virus corona juga dapat meninfeksi manusia dari udara, bahkan ada kabar yang beredar bahwa virus corona bisa ditularkan melalui air.

Baca Juga: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Penyakit Ginjal Tunjukkan Angka Kematian Tertinggi di Indonesia, Benarkah?

Baca Juga: Studi: Herd Imunnity Tak Efektif Lawan Virus Corona

Baca Juga: Update Corona 27 Mei 2020: Pasien Sembuh Bertambah 180 Orang! Ini Sebarannya di Indonesia...

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa virus corona dapat menginfeksi di air melalui kolam renang, bak air panas, pantai, atau laut. Meskipun begitu, kamu harus tetap berhati-hati dan selalu mengingat hal penting saat ingin beraktivitas di dalam air.

Beauty, kalau kamu tetap ingin beraktivitas di dalam air, ingat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona. Kalau kamu berenang di kolam pribadi, pastikan area tersebut sudah dibersihkan. Nah, yang terpenting, jumlah klorin di dalam air harus cukup untuk bisa menonaktifkan virus. 

Selain itu, selalu jaga jarak fisik dengan orang lain. Jangan berbagi pelampung atau peralatan berenang lainnya dengan orang lain. Bawa dan gunakan sendiri alat-alat prbadimu. Jangan lupa untuk selalu menyemprotkan disinfektan pada barang-barang yang kamu gunakan. 

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan