Menu

Janin Tumbuh Rambut Sebabkan Gatal? Mitos Moms, 6 Tips Ini Bisa Bantu Mengatasi Gatalnya

18 November 2021 09:15 WIB

Ilustrasi perut gatal saat hamil. (Freepik/sri_sakorn42)

HerStory, Sukabumi —

Moms mungkin pernah mendengar anggapan gatal saat hamil disebabkan karena janin sedang tumbuh rambut. Eits, mitos itu Moms. 

Enggak ada hubungannya janin yang sedang tumbuh rambut dengan rasa gatal yang dialami. Disampaikan dr. Valda Gracia melalui klikdokter.com (18/11/2021), pemicu dari gatal tersebut dikarenakan perubahan hormon yang dialami sehingga kulit menjadi lebih sensitif. 

Selain hormon, pemicu lain rasa gatal disebabkan kulit kering lantaran adanya peregangan membuat kulit menjadi tipis seiring dengan usia kehamilan.

Kerap kali rasa gatal tersebut muncul pada trimester ketiga, namun sejatinya janin sudah tumbuh rambut sejak usia kehamilan trimester pertama. 

Mengutip dari laman What To Expect, di usia tiga minggu kehamilan akan terbentuk embrio yang terdiri dari tiga lapisan diantaranya endoderm, mesoderm, dan ektoderm. Ketika lapisan ektoderm sudah terbentuk dengan sempurna, lapisan inilah yang menjadi cikal bakal tumbuhnya kulit, rambut, dan kuku. 

Memasuki usia 14 minggu, rambut janin akan mencuat ke permukaan kulit sedikit demi sedikit dan melewati masa luruh (rontok) lalu tumbuh kembali. 

Rasa gatal selama kehamilan tentunya sangat mengganggu ya Moms, tapi usahakan jangan sampai digaruk. Nah, sederet tips ini bisa Moms lakukan untuk mengatasi gatal tersebut. Yuk disimak!

1. Hindari Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memang cukup membantu tubuh menjadi lebih rileks. Sayangnya Moms yang lagi hamil sebaiknya menghindari mandi dengan air hangat, ya. 

Pasalnya air hangat justru bisa memicu rasa gatal, ruam bahkan iritasi karena membuat kulit menjadi kering dan meradang.

2. Oleskan Pelembap

Pada area yang terasa gatal Moms bisa mengatasinya dengan mengoleskan pelembap yang tentunya tak mengandung pewangi ya. Moms bisa menggunakan baby oil, minyak zaitun, atau produk yang mengandung aloe vera. 

3. Kompres Dingin

Jika gatal yang dirasa begitu hebat, lebih baik Moms segera mengompreskan area yang terasa gatal dengan memberikan sensasi dingin. Seperti kompres menggunakan air dingin atau es batu untuk meredakan gatal tersebut.

4. Gunakan Pakaian Tipis

Panas dan keringat bisa menyebabkan rasa gatal yang begitu hebat. Untuk mengatasinya, gunakanlah pakaian yang tipis dan longgar dan berbahan katun ya, Moms. 

5. Pelembap Udara

Selain mengatasinya langsung pada diri sendiri, kualitas udara juga bisa mempengaruhi kondisi kulit khususnya bagi Moms yang sedang hamil.

Salah satu caranya Moms bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier terlebih jika Moms menggunakan penyejuk udara yang bisa membuat kulit menjadi kering.