Menu

Teh Hijau Khasiatnya Dahsyat, Bisa Menangkal Serangan Jantung Lho! Mau Coba?

19 November 2021 09:30 WIB

Illustrasi teh hijau. (Unsplash/Jia Ye)

HerStory, Jakarta —

Serangan jantung terjadi saat darah enggak mengalir menuju jantung. Hal tersebut mengakibatkan otot pada bagian jantung enggak dapat pasokan oksigen yang cukup.

Serangan jantung ini umumnya terjadi pada usia dewasa atau lanjut usia, tapi penyebabnya bisa terjadi pada seseorang di usia muda.

Makanya, kamu harus mencari cara untuk menangkal serangan jantung. Menurut penelitian, ada zat ampuh dalam teh hijau yang dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Melansir dari Mens Journal, menurut sebuah studi dari Universitas Leeds dan Universitas Lancaster, teh hijau mengandung molekul yang disebut EGCG.

Senyawa itu sedang diselidiki karena kemampuannya untuk mengurangi plak amyloid yang terbentuk di antara sel-sel saraf di otak (tanda penyakit Alzheimer).

Namun, para peneliti menemukan bahwa senyawa tersebut juga dapat melarutkan plak protein yang berpotensi berbahaya dalam pembuluh darah. 

“Jika kamu minum teh hijau dalam jumlah yang normal, itu mungkin enggak akan memiliki efek. Apa yang kami katakan adalah bahwa kita perlu melihat molekul ini lebih hati-hati dan mencari tahu cara membuatnya atau mengirimkannya ke plakat," jelas rekan penulis studi David Middleton dalam siaran pers.

Selanjutnya, para peneliti akan menguji cara-cara memperkenalkan EGCG ke dalam aliran darah tanpa membuat pasien minum teh hijau dalam jumlah besar.

Mereka akan memodifikasi struktur EGCG agar lebih mudah menyerap di perut. Sehingga teh hijau ini akan efektif untuk menjaga jantung tetap sehat serta memperkuat metabolisme tubuh.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.