Menu

Wow! Konsumsi Minuman Ini Manjur Turunkan Tekanan Darah Tinggi dalam 2 Jam Lho, Mau Coba?

19 November 2021 14:00 WIB

Ilustrasi mengukur tekanan darah dalam tubuh. (Unsplash/Mockup graphics)

HerStory, Jakarta —

Tekanan darah tinggi atau hipertensi disebabkan oleh gaya hidup yang enggak sehat. Kalau enggak ditangani dengan benar, maka tekanan darah tinggi bisa jadi pemicu penyakit berbahaya lainnya.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya dengab mengonsumsi minuman dari buah-buahan.

Satu minuman dari buah-buahan sudah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan mengontrol tekanan darah tinggi dan fungsi pembuluh darah.

Minuman ini berasal dari blueberry yang telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Menurut satu studi oleh Journal of Gerontology, Series A: Biological Sciences and Medical Sciences, buah-buahan ini juga bisa meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi hanya 200 gram blueberry bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Temuan ini menemukan bahwa minuman blueberry bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 2 persen dalam waktu 2 jam dan efeknya pun bisa bertahan setelah 1 bulan mengonsumsinya setiap hari.

"Efek minuman blueberry ini sama dengan obat tekanan darah biasa selama periode yang sama," jelas Harvard Health dikutip dari Express.

Para peneliti menempatkan efeknya pada blueberry tingkat tinggi antosianin, yakni antioksidan unik yang ditemukan dalam buah beri. Molekul-molekul inilah yang yang mempengaruhi warna buah beri.

Penelitian juga menunjukkan bahwa antosianin meningkatkan fungsi sel endotel dalam tubuh. Sel-sel ini ditemukan di permukaan bagian dalam pembuluh darah yang penting untuk aliran darah dan mengatur tekanan darah.

Tim peneliti mengatakan proses ini bisa membantu mencegah perkembangan hipertensi. Penulis utama penelitian ini, dokter Ana Rodriguez-Mateos, dari Departemen Ilmu Gizi di King's College London, mengatakan makan blueberry seluruhnya bisa memberikan manfaat kesehatan penuh.

Lihat Sumber Artikel di Himedik.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Himedik.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.