Menu

Bumil Gak Usah Resah, Begini Cara Ampuh Samarkan Stretch Mark saat Hamil Hanya dengan Body Oil Merk Lokal

20 November 2021 16:00 WIB

Ilustrasi Stretch Mark saat hamil. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kondisi permukaan kulit yang pecah dan membentuk guratan halus alias stretch mark, sering kali dikeluhkan oleh ibu hamil. Meski enggak berbahaya, munculnya stretch mark saat hamil kerap membuat kebanyakan ibu hamil kurang percaya diri atau bahkan terganggu.

Munculnya stretch mark disebabkan oleh peregangan yang terjadi di kulit. Ringkat keparahan stertch mark yang dialami ibu hamil pun berbeda-beda. Biasanya, bagian tubuh yang rentan muncul stretch mark ini adalah bagian payudara, perut, bokong, paha, pinggul, dan juga lengan bagian atas.

Stretch mark yang muncul biasanya ditandai dengan garis-garis atau gerutan berwarna keunguan di permukan kulit dan pada sebagian ibu hamil bisa disertai dengan rasa gatal.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya stretch mark saat hamil. Seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, minum air putih yang cukup, hingga olahraga rutin seperti senam hamil untuk menjaga kulit tetap elastis.

Enggak cuma itu aja, stretch mark saat hamil juga bisa diatasi lewat penggunaan body oil secara rutin lho, Beauty. Kini, sudah banyak produk body oil merk lokal yang aman digunakan untuk ibu hamil.

Seperti salah satu yang terbaru adalah body oil yang baru saja dirilis oleh Botanical Essentials, Kamis (18/11/2021), di Glass House & Garden The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Botanical Essentials meluncurkan produk skincare dan homecare dengan aroma essential oil yang begitu menenangkan. Salah satunya ialah body oil yang salah satu kandungannya diklaim bisa mengatasi stretch mark.

Kandungan yang dimaksud adalah Capsaicin, di mana ini juga merupakan kandunhan pada cabai. Namun, kandungan tersebut ampuh untuk menutrisi kulit.

"Dalam body oil ada kandungan Capsaicin. Kandungan capsaicin ini men-trigger produksi kolagen selain itu dia juga menutrisi kulit. Istilahnya memboosting bagian nutrisi dan hydrationnya," ujar Christie, PR Botanical Essentials.

Kandungan tersebut juga dapat membantu mengurangi stretch pada ibu hamil.

"Di capsaicin ini juga, yang juga bisa membantu mengurangi strech mark dan aman untuk ibu hamil. Amannya itu karena kita sudah lulus dermatology dan juga kandungan yang kita gunakan actice ingredients nya itu semuanya plant base," tutur Christie.

Christie menyarankan, body oil bisa diaplikasikan sejak awal kehamilan, dengan cara membalurkan body oil di bagian perut atau bagian tubuh yang rentan muncul Stretch mark. Dengan begitu,  bisa lebih mencegah kemunculan stretch mark tersebut. 

"Menyamarkan enggak menghilangkan total. Jadi, ibu hamil bisa pakai semenjak awal kehamilan supaya mem-prevent si stretch mark itu," terang Christie.

Enggak hanya untuk ibu hamil saja, stretch mark yang sering muncul di lipatan tubuh lainnya juga bisa disamarkan dengan penggunaan boody oil secara rutin.

"Fokusnya sebenarnya enggak hanya untuk ibu hamil aja. Tapi, juga aman digunakan untuk wanita atau laki-laki yang mengalami strech mark di tubuh," kata Christie.

Penggunaan stretch mark lebih baik digunakan stelah mandi. Setelahnya, aplikasikan pula body lotion untuk hasil yang lebih maksimal. Body oil juga disarankan digunakan sebelum tidur untuk mengatasi ulit yang kering saat bangun, apalagi kalau tidur di ruangan ber-AC.

"Setelah habis mandi itu bisa dipakai, bisa digabungkan dengan body lotion untuk pemakainnya. Lebih baik habis mandi dipakai ke suluh tubuh, khususnya ke area kulit yang kering. Dianjurkan di re-aplikasi lagi saat siang hari. Di sarankan juga digunakan sebelum tidur, di mana bisa menutrisi tubuh agar sat bangun enggak terasa kering," pungkas Christie.

Tak hanya body oil, Botanical Essentials juga menhadirkan produk perawatan tubuh lainnya seperti sabun mandi, body lotion, body oil, sabun pencuci tangan antibakteri, hand sanitizer, dan juga produk perawatan rumah yang meliputi reed diffuser dan home & linen spray. 

Selain penggunaan bahan alami, merek lokal ini juga menghadirkan tiga essential oil sebagai "hero ingridients"-nya, yaitu Patchouli, Ylang, dan Bergamot. Botanical Essential berkolaborasi dengan perusahaan fragrance ternama, Givaudan dan Firmenich, untuk menghadirkan ketiga aroma tersebut.

Artikel Pilihan