Menu

Jangan Kaget! Ternyata 10 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kematian, Waspada Ya!

22 November 2021 10:00 WIB

Tumis Brokoli Sosis (Instagram/food_inframe)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang harus mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan menjadi lebih sehat supaya terhindar dari bahaya kesehatan yang mengintai.

Namun, masih banyak orang yang enggak mengatur pola makannya, sehingga penyakit, seperti diabetes, kolesterol, dan hipertensi diderita sejak masih muda.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang berisiko mempercepat kematian. Makanan apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Makanan tinggi garam

Konsumsi makanan tinggi garam enggak baik untuk kesehatan, sehingga bisa menjadi makanan yang mempercepat kematian.

Makanan dengan kandungan garam tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, strok bahkan kanker lambung. Selain itu, makanan tinggi garam dapat mempercepat proses penuaan sel-sel tubuh.

Makanan dan minuman tinggi gula

Makanan tinggi garam termasuk makanan yang mematikan, begitu juga makanan dan minuman yang tinggi gula. Hal ini karena konsumsi gula terlalu banyak dapat meningkatkan risiko diabetes.

Makanan tinggi lemak jahat

Konsumsi makanan tinggi lemak jahat secara berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. 

Jadi, mulai dari sekarang hindarilah makanan-makanan yang menganduung tinggi lemak jahat, khususnya yang digoreng dengan teknik deep fried.

Makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar atau dipanggang mengandung karsinogenik yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, makanan yang diproses dengan cara ini termasuk makanan yang berisiko membuat kamu cepat mati.

Daging olahan berpengawet

Hindari konsumsi daging olahan, seperti sosis, kornet, dan smoked beef. Pasalnya, daging olahan berpengawet merupakan kombinasi makanan yang menyebabkan kematian dan berkaitan dengan risiko kematian dini. 

Ikan Fugu 

Ikan fugu memiliki racun (tetrodotoxin) pada kulit dan organ mereka. Tetrodotoxin ini dianggap 1.200 kali lebih beracun dibandingkan dengan sianida. Bahkan, satu ikan fugu mengandung banyak racun yang dapat membunuh 30 orang dewasa. Jadi, berhati-hatilah bila ingin mengonsumsinya. Diperlukan sertifikat khusus untuk dapat mengolah ikan fugu dengan benar.

Gurita Hidup 

Gurita hidup mungkin tampak menjijikan bagi sebagian orang. Namun, enggak sedikit orang yang menyukainya gurita hidup. 

Sayangnya, gurita hidup dapat meningkatkan risiko kematian. Gurita ini biasa disajikan masih menggeliat. Bila gurita ini menyangkut di tenggorokanmu, bisa saja kamu mengalami kesulitan bernapas. 

Almond Mentah 

Kacang yang banyak digunakan sebagai bahan makanan penutup ini ternyata mengandung sianida bila dimakan mentah. Berhati-hatilah jika memakan almond yang masih mentah dan periksalah kemasannya sebelum mengonsumsinya.

Ceri 

Ceri yang memiliki rasa manis ternyata termasuk makanan mematikan. Pada bijinya terkandung senyawa hidrogen sianida yang dapat berbahaya.  Senyawa ini bisa membuat kamu menjadi sakit jika memakan bijinya yang rusak. 

Apel 

Ternyata biji apel sama berbahayanya dengan biji ceri. Sama-sama mengandung sianida, buah apel dapat menyebabkan kelumpuhan, gagal jantung bahkan kematian. Namun, jangan khawatir karena efek fatal ini dapat terjadi jika kamu memakan sekitar 200 biji apel. 

Nah, itulah sederet makanan yang bisa mempercepat kematian. Jadi, konsumsilah makanan yang sehat untuk menghindari bahaya penyakit kronis. Semoga bermanfaat!

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan