Menu

So Yummy, 5 Manfaat Keju untuk Kesehatan Salah Satunya Menurunkan Risiko Penyakit Jantung!

23 November 2021 16:10 WIB

Seorang wanita dengan potongan keju di tangannya. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Keju merupakan salah satu olahan susu yang acapkali dihindari karena mengandung lemak dan garam yang berpotensi bikin berat badan naik. Padahal ada segudang manfaat dibalik keju yang enggak terduga lho, Beauty. 

Berbagai kandungan nutrisi keju bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan sampai mencegah risiko penyakit jantung. Asalkan mengonsumsinya secara tepat.

Kandungan dari keju meliputi karbohidrat, lemak, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12. 

Bukan cuma itu, keju juga mengandung beragam jenis antioksidan, omega-3, dan asam amino sistein. Jadi, enggak perlu ragu lagi akan manfaatnya. 

Sebagaimana melansir dari berbagai sumber (23/11/2021), berikut ini sederet manfaat keju bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. 

1. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Berkat kandungan kalsium dan protein yang melimpah karena mengandung susu tentunya membawa keju sebagai salah satu makanan yang baik untuk memelihara kekuatan tulang serta menjaga kesehatan gigi.

Sehingga menurunkan risiko gigi berlubang terlebih pada anak-anak. Terlebih nutrisi lainnya seperti zinc, protein, vitamin (A,D, dan K) juga berperan menjaga kesehatan tulang. 

2. Mencegah Hipertensi

Mengandung kalsium yang tinggi membuat keju baik untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, dianjurkan untuk mengonsumsi keju parmesan dan ricotta karena rendah lemak. 

3. Menurukan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 pada keju terutama yang terbuat dari susu sapi dipercayai bermanfaat untuk sistem kardiovaskular.

Tak cuma itu, keju juga miliki pengaruh baik terhadap kadar kolesterol. Sehingga risiko penyakit jantung pun bisa dicegah.

4. Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah

Sifat antioksidan pada keju diyakini mampu melindungi tubuh dari peradangan. Bahkan sebuah studi menyatakan pembuluh darah orang yang mengonsumsi keju berfungsi lebih baik ketimbang mereka yang tak mengonsumsinya. 

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Lantaran diolah dengan cara fermentasi sehingga keju mengandung bakteri probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Artikel Pilihan