Menu

11-12 dengan Selingkuh, 8 Hal Sepele Ini Bisa Jadi ‘Pembunuh Hubungan’, Waspada Moms!

24 November 2021 19:05 WIB

Ilustrasi perceraian. (Pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Moms, hubungan pernikahan tak selamanya berjalan mulus. Kamu dan pasangan akan menghadapi berbagai rintangan. Beberapa hal yang terjadi dalam hubungan bisa diatasi dengan baik, namun ada juga yang menyebabkan perpisahan.

Dalam banyak kasus perpisahan, perselingkuhan adalah penghancur utama. Tak heran, banyak orang sangat menjaga agar hal ini tidak terjadi dalam hubungannya.

Namun, 'pembunuh hubungan' bukan hanya perselingkuhan. Ada banyak hal yang terbukti memiliki kekuatan yang sama untuk merusak hubungan pernikahan, seperti perselingkuhan.

Awalnya mungkin terlihat sepele dan tak penting, tetapi ketika semuanya menumpuk, hal itu akan meledak dan terbukti berbahaya bagi hubungan. Apa sajakah itu?

Dikutip dari laman media sindikasi Akurat.co, berikut beberapa hal yang tak jauh berbeda dengan selingkuh tapi sering diabaikan, dan ternyata berbahaya Moms! Waspada ya!

Bohong dalam hal kecil

Berbohong atau menyembunyikan sesuatu dari pasangan adalah cara terbaik untuk merusak hubunganmu. Kamu mungkin mengira berbohong atau menyembunyikan hal-hal besar adalah pembunuh hubungan. Tidak!

Menyembunyikan hal-hal kecil dari orang yang kamu cintai pun dapat tumbuh menjadi masalah besar dan menyebabkan ketidakkepercayaan.

Tak memperhatikan pasangan

Mengabaikan pasangan adalah hal lainnya yang akan menghancurkan hubunganmu. Jika itu disengaja, maka kamu harus menghentikannya sekarang. Namun, terkadang kamu bahkan tidak menyadarinya. Meski tidak disengaja, cobalah untuk mengubahnya sebelum hubungan kamu hancur.

Merendahkan dia

Membicarakan keburukan pasangan adalah hal terakhir yang harus kamu lakukan jika menginginkan hubungan yang sehat dan tahan lama. Ini lebih buruk daripada selingkuh karena tidak hanya merusak hubungan, tetapi juga merusak harga diri pasangan. Jadi, jangan pernah sekalipun membicarakan keburukan pasanganmu kepada orang lain.

Hanya fokus pada keintiman fisik

Keintiman fisik penting untuk suatu hubungan, tetapi keintiman emosional, intelektual dan spiritual juga tak kalah penting. Kamu mungkin pasangan yang paling setia, tetapi jika kamu tidak terhubung satu sama lain dan berbagi keintiman dalam setiap aspek, maka tak heran bila hubunganmu berakhir.

Ketergantungan satu sama lain

Sendirian memang bisa menakutkan jika kamu telah bersama untuk waktu yang lama. Tapi, itu seharusnya bukan satu-satunya alasan untuk tetap bersama. Menjadi sangat ketergantungan tidak baik untuk kamu atau pasanganmu.

Kurang komunikasi

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa komunikasi sangat penting dalam suatu hubungan. Ya, tidak dapat berbagi hal-hal dengan pasangan adalah pembunuh diam-diam yang akan mempengaruhi hubunganmu.

Komunikasi yang buruk akan membuat semua masalah menumpuk dari waktu ke waktu dan menjadi tidak terkendali. Hingga pada akhirnya, semua akan meledak dan perpisahan tak bisa dihindarkan. Jadi, cobalah untuk memperbaikinya sesegera mungkin.

Manipulasi

Suatu hubungan bukanlah permainan, di mana kamu perlu memanipulasi pasangan. Ini tentang memperlakukan satu sama lain secara setara dan penuh kasih. Manipulasi, dalam bentuk apa pun, dapat membuat seseorang hancur, kehilangan kepercayaan diri, dan menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang bisa kamu bayangkan.

Menolak untuk berkompromi

Kompromi tidak berarti menyerah pada individualitas, prinsip dan kemandirianmu. Kompromi adalah tentang rela membuat perubahan tertentu dalam hidup kamu yang dapat membantu hubungan berjalan baik.

Ketika kamu mencintai seseorang, kesediaan untuk berkompromi datang secara alami. Jika kamu tidak dapat berdamai dengan ini, maka mungkin perpisahan adalah jalan terbaik untuk kalian berdua.

Nah Moms, itulah beberapa hal yang dapat merusak hubunganmu, selain selingkuh. Adapun hubungan antara dua orang yang 'mengaku' saling mencintai harusnya diliputi dengan kepercayaan, saling pengertian, kesetiaan dan kasih sayang. Jika salah satu dari hal-hal ini hilang, maka hubungan berpotensi besar menjadi hancur.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.