Menu

Bumil Merapat! Catat 7 Hal yang Gak Boleh Dilakukan Saat Hamil, Bisa Berdampak pada Bayi Lho!

26 November 2021 16:00 WIB

Ilustrasi ibu hamil minum kopi. (Unsplash/Fallon Michael)

HerStory, Jakarta —

Seorang wanita yang sedang hamil pasti selalu menginginkan yang terbaik untuk bayinya. Mereka akan melakukan apa saja supaya bayinya lahir selamat dan sehat.

Nah, para wanita yang sedang hamil perlu mengetahui apa saja hal-hal yang enggak boleh dilakukan. Sebab, ada beberapa kebiasaan wanita yang bisa berdampak buruk pada bayi.

Melansir dari laman brightside.com (26/11/2021), berikut tujuh hal yang perlu dihindari supaya enggak berdampak pada bayi. Yuk, simak baik-baik, ya!

Relaksasi dengan air panas atau sauna mandiri

Menurut penelitian, panas yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi serius pada otak dan sumsum tulang belakang bayi di masa depan.

Jangan berendam terlalu lama atau lebih dari 10 menit dalam bath, jika mandi air hangat sebaiknya gunakan suhu yang sesuai dengan tubuhmu dan jangan lupa untuk konsultasikan kepada doktermu.

Terlalu banyak makan manis

Sebuah penelitian menunjukan bahwa seorang ibu yang mengkonsumsi makanan manis dengan tingkat gula yang tinggi saat hamil dapat menyebabkan masalah pada anak dalam keterampilan belajar dan ingatannya. 

Kalau kamu tetap ingin makan manis, maka kamu dapat menggantinya dengan mengonsumsi buah dan hindari minuman yang mengandung soda.

Bertengkar dan berteriak

Hindarilah pertengkaran dengan pasangan atau orang-orang disekitarmu karena hal tersebut dapat menyebabkan dirimu cemas dan depresi yang justru akan menyakiti anakmu terutama sistem imun dan otaknya. 

Menangis

Menangis saat hamil adalah hal yang normal karena wanita akan menjadi lebih emosional. Namun, hal tersebut justru bisa mempersulitmu.

Kamu akan kehilangan nafsu makan, merasa bersalah, waktu tidur kurang, dan lainnya. Itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan bayimu di dalam kandungan.

Punya masalah tidur

Menurut penelitian, 78 persen perempuan hamil akan mengalami masalah tidur dari biasanya. Hal ini dapat membuatmu menjadi badmood dan mual. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa perempuan yang tidur kurang dari 6 jam per hari memiliki tenaga yang lebih lama.

Gaya hidup enggak sehat dan makan berlebihan

Penambahan berat badan berlebihan saat hamil dapat menyebabkan komplikasi pada saat kelahiran, pertumbuhan janin dan berat badan berlebihan pada sang ibu setelah melahirkan, hingga meningkatkan resiko obesitas selanjutnya bagi anak.

Terlalu banyak minum kopi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kafein berlebihan dapat berdampak negatif bagi janin. Secara khusus, perempuan hamil yang minum 8 cangkir kopi atau lebih mungkin dapat memiliki risiko lebih tinggi untuk bayi meninggal dalam kandungan. 

Nah, itulah beberapa hal yang harus dihindari saat hamil. Semoga bermanfaat, Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan