Menu

Mengenal Penyakit Infeksi Liver yang Merenggut Ameer Azzikra Adik Alvin Faiz, Innalillahi...

29 November 2021 09:15 WIB

Almarhum Ameer Azzikra. (Instagram/ameer_azzikra)

HerStory, Sukabumi —

Ameer Azzikra putra kedua almarhum KH. Arifin Ilham sekaligus adik Alvin Faiz dikabarkan meninggal dunia Senin dini hari tepatnya pukul 01.05 WIB di Rumah Sakit EMC Sentul, (29/11/2021). Dikabarkan sebelumnya Ameer mengalami kritis sampai masuk ICU karena infeksi liver. 

Ternyata bukan cuma infeksi liver, melalui unggahan story instagram Syakir Daulay, Ameer mengabarkan kalau ada masalah pada paru-parunya sehingga ia harus dilarikan ke rumah sakit. 

Sebagaimana melansir dari berbagai sumber (29/11/2021), berikut ulasan mengenai infeksi liver yang merenggut nyawa Ameer dan cara mencegahnya. 

Penyakit Liver

Liver atau hati terdiri menjadi dua bagian yakni lobus kanan dan kiri, terletak di bagian bawah tulang rusuk sisi kanan perut. Penyakit liver merupakan kondisi dimana adanya gangguan pada hati baik fungsi maupun fisiologisnya. 

Sejatinya organ hati berfungsi dan berperan sangat penting bagi proses pencernaan, menyimpan energi cadangan dan menyingkirkan zat beracun dari tubuh.

Penyebab Penyakit Liver

Penyakit liver bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa berasal dari infeksi oleh virus dan parasit. 

Virus yang paling kuat menyerang liver yaitu virus Hepatitis B (HVB) dan Hepatitis C (HCV) serta ujung dari hepatitis adalah cirrhois. Apabila cirrhois pada liver berubah menjadi sel jaringan ikat, maka liver tak dapat berfungsi secara normal lagi. 

Bahkan jika cirrhois tersebut sudah menyerang seluruh bagian liver akan berdampak lumpuhnya liver dan berujung pada gagal liver. 

Selain karena infeksi virus dan parasit, liver juga bisa disebabkan karena gaya hidup, perlemakan hati, hepatitis toxic, kolestasis (kurangnya cairan atau saluran empedu yang terhambat), kelainan genetik, diabetes, autoimun dan kanker hati.

Pencegahan dan Pengobatan

Terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit liver, diantaranya:

  1. Vaksinasi virus hepatitis.
  2. Melakukan hubungan seksual yang aman dan tak berbagi jarum suntik (tato, tindik, dsb).
  3. Menerapkan gaya hidup sehat dengan menghindari konsumsi alkohol serta menjaga berat badan.
  4. Rutin mengonsumsi vitamin yang baik untuk kesehatan hati seperti vitamin B kompleks.
  5. Selalu berkonsultasi terkait obat-obatan yang akan dikonsumsi baik medis maupun herbal bersama dokter. 

Sedangkan untuk pengobatannya sangat bergantung pada penyebabnya. Sebab terdapat beberapa penyakit liver yang bisa diatasi dengan menerapkan gaya dan pola hidup sehat. 

Sementara apabila penyakit liver lainnya diperlukan penanganan berupa mengonsumsi obat-obatan, operasi sampai transplantasi hati.