Menu

Marak Tren 'Bersihkan' Vagina Pakai Sikat Gigi, Awas 4 Bahaya Ini Mengancam Organ Intimmu!

29 November 2021 18:20 WIB

Seorang wanita memegang sikat gigi. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap wanita tentu ingin memiliki organ intim yang bersih. Segala cara pun dilakukan guna membuat vagina bersih dan bebas dari kuman. Namun, ada beberapa cara yang melenceng, misalnya dengan menggunakan sikat gigi.

Banyak orang yang mencoba menggunakan sikat gigi untuk membersihkan. Anehnya, menggunakan sikat gigi untuk membersihkan vagina agar tak berbau busuk.

Padahal itu justru bisa menjadi malapetaka lho. Berikut beberapa efek samping penggunaan sikat gigi untuk membersihkan vagina: 

Ketidakseimbangan dalam mikroflora

Produk seperti ini mengganggu keseimbangan mikroflora di vagina. Mereka tidak baik untuk kesehatan vagina Anda, dan menyebabkan kerusakan pada bagian kewanitaanmu.

“Vagina memiliki ekosistemnya sendiri. Seseorang tak memerlukan produk eksternal untuk membersihkan vagina. Secara alami vagina bisa menjaga dan membersihkan dirinya sendiri. Jadi, tidak ada gunanya menggunakan produk seperti sikat gigi untuk membersihkan vagina dan sangat tak disarankan menggunakan produk seperti itu," ujar dr. Aruna Kalra, ginekolog senior dan dokter kandungan di Rumah Sakit CK Birla, Gurugram dilansir Healthshot (29/11/2021).

Dapat menyebabkan infeksi

Ini dapat menyebabkan lecet, luka atau kutil di area genital Anda. Gatal vagina yang terus-menerus juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk sikat gigi untuk membersihkan vagina.

Dapat menggores kulit sensitif dan menyebabkan iritasi

Bulu sikat gigi yang kasar dan tajam dapat menyebabkan ruam di sekitar area vagina. Jika ini terus dilakukan maka bisa menyebabkan iritasi, dan juga menggaruk kulit tipis sekitar organ kewanitaan.

"Menggunakan sikat gigi di bawah sana dapat merusak kulit, yang selanjutnya dapat menyebabkan pendarahan dan seks yang menyakitkan," saran Dr Kalra.