Menu

Catat! 6 Istilah Soal Make Up yang Wajib Diketahui Pemula

29 November 2021 20:50 WIB

Ilustrasi wanita menggunakan makeup. (Unsplash/Radu Florin)

HerStory, Sukabumi —

Beauty, dunia make up enggak cuma soal merias wajah dengan foundation, bedak dan lipstick saja lho. Ada beberapa istilah umum yang wajib diketahui supaya enggak salah dalam mengaplikasikan make up.

Nah, biasanya istilah ini sering banget diucapin sama beauty vlogger saat membagikan tips atau tutorial make up-nya. Seperti white cast atau sticky. 

Tapi, Beauty udah tahu belum artinya apa? Daripada nebak-nebak dan ngubek terlalu jauh, yuk simak 6 istilah make up yang wajib diketahui pemula. 

1. White Cast

Mungkin Beauty paling familiar dengan istilah ini karena paling sering dilontarkan para beauty guru ketika me-review suatu produk. 

Nah white cast ini merupakan kondisi jejak warna putih karena produk make up atau skincare. Emang sih, white cast lama kelamaan bakalan hilang, tapi ada juga lho white cast yang enggak hilang sama sekali.

2. Ashy

Kalau ashy merupakan salah memilih shade lebih gelap dibandingkan skin tone kita. Alhasil, kulit wajah menjadi tampak berwarna abu-abu.

3. Sticky/Tacky

Ada beberapa produk yang memberikan efek lengket seperti pada lip gloss, lip matte dan primer. Kesan tersebut dinamakan sticky atau tacky. Tapi, enggak semua produk yang memberikan kesan lengket berarti buruk ya, Beauty.

4. Flaky

Beauty pernah menggunakan produk make up misalnya maskara yang meninggalkan jejak butiran halus setelah dipakai? Itu namanya flaky yang mana produk tersebut retak ketika sudah diaplikasikan. 

5. Patchy

Patchy merupakan kondisi ketika menggunakan suatu produk seperti foundation atau concealer memberikan hasil akhir tekstur kulit enggak merata sampai terlihat kering. 

Guna menghindari hal tersebut, pastikan sebelumnya menggunakan primer terlebih dulu ya Beauty!

6. Smudging

Kalau smudging disebabkan mascara yang enggak transferproof atau area sekitar mata yang berminyak. Akibatnya maskara menjadi luntur dan beleber di sekitar mata.