Menu

Stop! Jangan Cukur Rambut Miss V Jika Alami Hal Ini

02 Desember 2021 16:30 WIB

Ilustrasi mencukur rambut kemaluan. (pinterest/freepik)

HerStory, Medan —

Merawat rambut sekitar vagina menjadi hal yang penting bagi wanita. Mencukur adalah salah satu metode yang dilakukan banyak orang untuk menghilangkan rambut di daerah Miss V.

Menjadi catatan bahwa rambut Miss V memiliki fungsi. Tak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa rambut tersebut harus dihilangkan sebab mampu melindungi vagina dari infeksi.

Dr Rinky Kapoor, Konsultan Dermatologis, Dermatologis Kosmetik dan Ahli Bedah Kulit, The Esthetic Clinics mengatakan, bahwa mencabut rambut kemaluan sama sekali tidak wajib.

Kendati demikian, banyak yang menjaga kebersihan Miss V dengan rutin memangkas rambut tersebut. Namun, dilansir dari berbagai sumber ada waktu mencukur yang harus dihindari.

Kira-kira apa saja ya, Beauty? Yuk, simak artikel berikut.

1. Terjadi infeksi

Baik itu infeksi jamur, bacterial vaginosis, atau yang lainnya, seorang harus menghindari mencukur di sana. Mencukur dapat menyebabkan infeksi. Bahkan, Anda perlu memberi tahu dokter Anda tentang hal yang sama.

2. Rambut tumbuh ke dalam

Tidak perlu dipikirkan lagi bahwa terlalu banyak mencukur dapat mengundang rambut yang tumbuh ke dalam dan bahkan peradangan kulit. Dengan demikian, ada kemungkinan infeksi yang lebih tinggi di sana. Sebaiknya istirahat sejenak dari bercukur. Lanjutkan bercukur hanya setelah berbicara dengan ahlinya.

3. Saat menstruasi

Jika Anda salah satu dari mereka yang memakai pembalut saat menstruasi, Anda pasti tidak ingin bercukur di bawah sana. Kulit yang baru dicukur rentan terhadap iritasi, dan penggunaan pembalut yang terus-menerus menyebabkan gesekan pada kulit. Jadi, akan ada ruam, benjolan dan bahkan ada yang akan merasakan sakit di bawah sana. Cobalah untuk menunggu sampai menstruasi selesai.

4. Saat melakukan aktivitas seksual

Jika berencana untuk melakukan hubungan fisik dengan pasangan, disarankan untuk menghindari mencukur di sana karena rambut kemaluan bertindak sebagai penghalang. Gesekan itu setelah Anda bercukur dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Tidak hanya itu, Anda juga akan rentan terhadap penyakit menular seksual (PMS).

Artikel Pilihan