Menu

Sering Dialami Penderita Diabetes, Ini Masalah Kaki yang Harus Diwaspadai!

03 Desember 2021 15:30 WIB

Ilustrasi timbul bercak merah pada kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Selain keturunan, diabetes juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang enggak sehat.

Makanya, penderita diabetes harus menguubah gaya hidup dan mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi supaya kadar gula darah enggak melonjak drastis.

Rupanya, penyakit diabetes juga bisa memunculkan gejala berupa masalah di kaki. Berikut ini masalah kaki yang seringg dialami penderita diabetes dan perlu kamu waspadai. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Neuropati diabetik

Seiring berjalannya waktu, penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf dan kaki jadi mati rasa. Hal tersebut dapat mempersulit penderita diabetes untuk merasakan sensasi ekstremitas mereka.

Kondisi neuropati diabetik ini juga dapat membuat para penderita diabetes sulit merasakan iritasi, pegal, atau infeksi pada kaki.

Kalau enggak ditangani dengan serius, maka akan menjadi berbahaya. Bahkan, mungkin beberapa orang perlu melakukan amputasi.

Penyakit pembuluh darah perifer

Penyakit diabetes juga menyebabkan perubahan pada pembuluh darah, termasuk arteri. Pada penyakit ini, timbunan lemak menyumbat pembuluh darah di luar otak dan jantung.

Kondisi ini cenderung memengaruhi pembuluh darah yang menuju ke dan dari ekstremitas, seperti tangan dan kaki, mengurangi aliran darah ke keduanya.

Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan luka yang lambat sembuhnya. Kalau sudah mengalami infeksi parah, dokter bisa menyarankan untuk amputasi.

Nah, itulah masalah pada kaki yang harus kamu waspadai. Semoga bermanfaat, ya!