Menu

Jangan Anggap Remeh, 3 Perubahan pada Kuku Bisa Jadi Pertanda Terkena Penyakit Berbahaya

03 Desember 2021 12:15 WIB

Kuku rapuh kuning bisa menjadi tanda diabetes. (Getty Images/Edited by HerStory)

HerStory, Medan —

Kuku ternyata gak cuma berfungsi untuk mempercantik penampilan jari. Kuku dapat menjadi indikator kesehatan tubuh, lho.

Perubahan pada kuku, baik warna dan bentuk, dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Oleh karena itu, mulai perhatikan kuku kamu ya, Beauty.

Pada umumnya kuku yang sehat bertekstur halus dengan warna merah muda. Melansir High Lakes Health Care perubahan berikut bisa jadi pertanda ada penyakit dalam tubuh.

1. Perubahan warna

Apabila kuku berubah menjadi putih seluruhnya, maka hal tersebut bisa menjadi indikasi penyakit hati atau hepatitis. Bisa juga penyakit ginjal. Lebih jarang kuku putih bisa menandakan gagal jantung atau diabetes.

Sementara kuku kuning bisa menandakan adanya infeksi jamur, bronkitis kronis. Lebih jarang terjadi, kuku kuning menunjukkan diabetes, penyakit hati, psoriasis, atau penyakit tiroid.

Kuku yang membiru bisa berarti tubuh kekurangan oksigen, atau efek samping obat. Kemungkinan lainnya adalah penyakit paru-paru seperti emfisema, masalah jantung atau infeksi bakteri pada kuku.

2. Muncul tanda di kuku

Cedera pada kuku dapat menyebabkan bintik-bintik dan perubahan warna. Apabila muncul garis-garis merah mungkin menunjukkan trauma, psoriasis, infeksi jamur, radang pembuluh darah, atau infeksi katup jantung.

Sementara garis gelap pada kuku bisa menjadi tanda melanoma, bentuk kanker kulit yang berbahaya. Ketika penyakit ini berkembang di bawah kuku itu disebut sebagai melanoma tersembunyi, dan harus dirawat sesegera mungkin.

Tonjolan pada kuku juga merupakan indikasi kemungkinan kelainan. Jika garisnya sejajar dengan jari, bisa jadi karena penuaan, bisa jadi karena penuaan, sering mencuci tangan, kekurangan vitamin atau nutrisi yang tidak tepat.

3. Perubahan bentuk kuku

Riak pada kuku atau kuku yang berlubang dapat disebabkan oleh kelainan kulit, psoriasis, eksim, atau radang sendi. Kuku clubbing, kondisi ketika ujung kuku melengkung ke dalam, bisa menunjukkan penyakit jantung, radang usus, paru-paru, hati, tiroid, atau HIV/AIDS.

Sementara kemerahan bengkak di dekat kutikula dapat mengindikasikan peradangan, infeksi bakteri atau jamur, lupus, atau penyakit jaringan ikat lainnya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan