Menu

Waduh, 4 Penyakit Kronis Ini Bisa Muncul Akibat Perut Buncit, Waspada Ya!

06 Desember 2021 10:30 WIB

Perut Buncit. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Perut buncit umumnya disebabkan oleh gaya hidup dan juga pola makan yang enggak sehat. Memiliki perut buncit tentu membuat kamu tampil enggak percaya diri.

Enggak hanya itu, memiliki perut buncit juga bisa menjadi tanda bahaya dan dapat menimbulkan berbagai penyakit serius. Sudah tahu belum?

Mengutip dari berbagai sumber (6/12/2021), berikut ini beberapa penyakit kronis yang bica muncul akibat memiliki perut buncit. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Penyakit jantung

Dilansir dari laman WebMD, lemak viseral yang ada ada di dalam perut buncit merupakan penghasil racun tubuh yang bekerja aktif, bukan hanya ddisimpan.

Di antara lemak-lemak viseral tersebut terdapat komponen kimiawi yang disebut dengan sitokin. Nah, sitokin inilah yang dapat meningkatkan risiko orang-orang memiliki penyakit jantung.

Diabetes tipe 2

Mengutip dari laman Healthline, tumpukan lemak viseral dapat menghasilkan retinol-binding protein yang dapat meningkatkan risiko insulin.

Hal itulah yang dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes lebih tinggi pada orang-orang yang memiliki perut buncit.

Kanker

Jenis kanker yang paling seringg terjadi akibat perut buncit adalah kanker payudara dan kolorektal. Kanker tersebut disebabkan oleh tumpukan lemak viseral yang menghasilkan senyawa sitokin. 

Sitokin itulah yang akan menimbulkan peradangan di dalam tubuh dan memicu beruubahnya sel sehat menjadi sel kanker.

Tekanan darah tinggi

Lemak viseral juga dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Dilansir dari laman American College of Cardiology, para peneliti menemukan bahwa lemak viseral meningkatkan risiko darah tinggi lebih besar 22% pada orang yang memiliki perut buncit.

Nah, itulah beberapa penyakit serius yang bisa muncul akibat memiliki perut buncit. Waspada, ya!