Menu

Ampuh Hempaskan Perut Buncit, Ini Diet Teh Hijau yang Wajib Dicoba!

07 Desember 2021 14:35 WIB

Illustrasi teh hijau. (Unsplash/Jia Ye)

HerStory, Bandung —

Teh hijau telah lama terbukti ampuh untuk turunkan berat badan. Diet dengan mengonsumsi teh hijau ini bisa kita lakukan dengan menyelipkan teh hijau di antara jam makan. 

Tapi tenang, menu diet teh hijau ini tergolong aman karena bersifat alami. Teh hijau dapat mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan bisa turun secara otomatis.

Penasaran apa saja menu diet teh hijau yang ampuh turunkan berat badan? Simak, penjelasan berikut, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021).

Sudah banyak yang membuktikan kelebihan teh hijau untuk program diet.

Dilansir dari Healthline, kafein yang ada di dalam teh hijau ternyata tak hanya berguna untuk memberikan energi saja.

Teh hijau dapat menstimulasi terjadinya pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, perlu diketahui, pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh tidak akan berdampak jika tak dibarengi dengan pengurangan asupan kalori.

Dengan teh hijau, tubuh juga memiliki sistem metabolisme tubuh yang jauh lebih sehat. Teh hijau juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh antara 3 sampai empat persen.

Bahkan ada penelitian yang menyatakan kemampuan teh hijau untuk meningkatkan metabolisme sebesar 8 persen. Tak jarang jika banyak yang mengatakan teh hijau bikin langsing. Sebab, metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh meningkat.

Waktu yang Tepat untuk Minum Teh Hijau

1. Jangan minum teh hijau setelah makan

Banyak yang mengira bahwa minum teh setelah makan akan mempercepat metabolisme. Namun, ternyata hal ini adalah sebuah kesalahan besar.

Sebab, setelah makan, tubuh justru akan berusaha untuk mencerna protein. Sayangnya, apabila minum teh hijau setelah makan, proses pencernaan protein akan terganggu. 

Maka dari itu, sebaiknya tak diminum persis setelah makan paling tidak dua sampai tiga jam setelah makan.

2. Jangan diminum saat perut sedang kosong

Saat perut masih kosong, sebaiknya diisi dengan minuman atau makanan yang ringan. Sedangkan teh hijau bukan salah satu pilihannya.

Sebab, polifenol dan kandungan antioksidan pada teh hijau akan memengaruhi produksi asam pada lambung dan kurang baik untuk sistem pencernaan.

3. Gunakan air hangat, bukan air panas

Air panas akan menyebabkan teh hijau menjadi tawar.

Tambahkan madu atau perasa lainnya seperti lemon dan kayu manis saat sudah tidak terlalu panas.

Itulah beberapa aturan yang bisa kamu terapkan ketika meminum teh hijau untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba!