Menu

Gak Harus Manis, 4 Makanan Gurih Ini Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah

07 Desember 2021 13:15 WIB

Dua orang wanita dengan makanan yang banyak. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Penyebab naiknya gula darah selalu dikaitkan dengan makanan manis. Padahal makanan asin dan gurih juga bisa memicu kadar gula darah meningkat. 

Gula darah bekerja untuk menghasilkan energi dalam tubuh. Namun jika berlebih bisa berisiko fatal apalagi bagi yang memiliki riwayat diabetes

Diantaranya seperti gangguan pada ginjal, jantung, mata dan pembuluh darah. Maka dari itu sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap seimbang. Baik kurang atau pun berlebih tentunya kadar gula darah bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber (07/12/2021), berikut 4 makanan yang enggak Beauty sangka bisa meningkatkan kadar gula darah meski bukan makanan manis. 

1. Daging 

Meski tak meningkatkan gula darah secara langsung, baik daging merah maupun daging olahan mengandung lemak jenuh yang berisiko pada penyakit diabetes dua kali lipat apabila dikonsumsi secara berlebih.

2. Nasi Putih

Nasi putih merupakan jenis makanan yang mengandung tinggi karbohidrat dan serat yang rendah. Sehingga bisa memecah gula lebih cepat diserap oleh tubuh. Dengan begitu, jika dikonsumsi secara berlebih bisa berisiko diabetes. 

3. Fast Food

Mudah dan lezat merupakan hal yang sangat menggiurkan dari makanan siap saji. Sayangnya dibalik kelezatan tersebut, makanan siap saji mengandung karbohidrat, gula dan lemak yang bisa meningkatkan kadar gula darah secara cepat. 

Enggak cuma bikin berat badan melonjak naik, makanan ini bisa berisiko pada penyakit diabetes. 

4. Roti 

Roti putih mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga lebih mudah dicerna tubuh yang berdampak juga meningkatnya kadar gula darah. 

Jangan kecewa dulu Beauty, makanan diatas tetap bisa kamu konsumsi asalkan tanpa berlebihan, ya! 

Artikel Pilihan