Menu

3 Penyebab Perut Kencang Saat Hamil, Jangan Panik Ya Moms!

07 Desember 2021 16:30 WIB

Ilustrasi perut kencang saat hamil. (Freepik/yanalya)

HerStory, Sukabumi —

Moms yang sedang hamil mungkin kerap merasakan perut kencang. Tapi jangan khawatir ya Moms, karena perut kencang saat hamil termasuk wajar. 

Perut kencang saat hamil merupakan hal yang normal dan bisa saja terjadi mulai dari trimester awal sampai akhir.

Penyebab perut kencang saat hamil bisa cukup beragam dan berbeda setiap trimesternya. Seperti dikutip dari unggahan dr. Keven (07/12/2021), berikut ini penyebab perut kencang saat hamil. 

Trimester Pertama

Perut kencang saat trimester pertama disebabkan karena janin sedang tumbuh dan berkembang yang membuat otot perut tertarik menjadi lebar. Keluhan ini umumnya bisa mereda jika Moms mengubah posisi tubuh.

Trimester Kedua

Janin dan rahim yang semakin berkembang pada trimester kedua membuat round ligamen meregang sehingga perut menjadi kencang dan nyeri. Rasa nyerinya bisa menjalar sampai ke perut bagian bawah atau pinggul. 

Trimester Ketiga

Baik itu asli atau palsu, perut kencang pada trimester ketiga disebabkan oleh kontraksi. Kontraksi palsu akan mereda setelah Moms ganti posisi, namun jika kontraksi enggak juga hilang itu pertanda waktu persalinan segera tiba. 

Tetapi, apabila perut kencang disertai gejala lain seperti sesak napas, pusing, nyeri pada bahu atau punggung bawah sampai perdarahan sebaiknya segera periksakan ke dokter, ya Moms. 

Lantaran dikhawatirkan hal tersebut merupakan sinyal adanya masalah kesehatan atau keguguran.