Menu

4 Makanan yang Jadi Musuh Penderita Diabetes, Wah Hindari Ya!

08 Desember 2021 12:12 WIB

Ilustrasi junk food, makanan penyebab diabetes (Pexel/Robin Stickel)

HerStory, Jakarta —

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengidap penyakit diabetes, salah satunya yaitu pola dan menu makan yang salah. Tak hanya junk food, terdapat pula beberapa jenis makanan yang perlu Beauty batasi konsumsinya. 

Diabetes, baik diabetes 1 maupun diabetes 2, terjadi ketika tubuh tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang cukup. Hal ini kemudian menyebabkan kadar gula (glukosa) darah meningkat. 

Nah,  beberapa makanan diketahui dapat membuat kadar gula darah naik dan mengganggu kerja insulin, sehingga meningkatkan risiko diabetes. Apa saja makanan tersebut? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Makanan tinggi karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat,  seperti nasi,  tepung, dan gula pada dasarnya adalah makanan yang mengandung kalori dengan karbohidrat tinggi. Makanan tersebut sangat mudah dicerna oleh tubuh, sehingga kadar gula darah dan insulin dapat melonjak dengan cepat. 

Seiring berjalannya waktu, ini bisa menyebabkan penyakit diabetes. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang perlu Beauty ketahui,  antara lain:

  • Kue
  • Roti
  • Donat
  • Pasta
  • Kerupuk
  • Muffin

Intinya Beauty tetap boleh mengonsumsi makanan-makanan di atas, tapi harus memperhatikan jumlah yang masuk dalam tubuh. 

2. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans

Sebagian dari Beauty mungkin masih awam dengan istilah lemak jenuh dan lemak trans. Nah, lemak jenuh ini adalah lemak yang berasal dari hewan. Sedangkan lemak trans adalah jenis lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat.

Keduanya memang tidak secara langsung membuat gula darah melonjak, namun lemak jenuh dan lemak trans diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan resistensi insulin. Hal inilah yang membuat seseorang berisiko lebih tinggi terserang penyakit diabtes.

Jenis lemak tersebut bisa Beauty temukan pada beberapa makanan, seperti:

  • daging merah, 
  • daging olahan, 
  • mentega, 
  • elai kacang, 
  • krimer, 
  • keju, 
  • susu tinggi lemak, makanan cepat saji, 
  • kripik kentang, 
  • dan kue. 

Sebagai pengganti makanan-makanan yang kurang sehat tersebut, Beauty bisa mengonsumsi ikan, tahu, alpukat, dan kacang-kacangan, seperti edamame atau kacang almond.

3. Buah kering dan buah kalengan

Buah yang dikeringkan, seperti kismis atau buah anggur memiliki kadar gula yang tinggi. Kismis mengandung karbohidrat lebih banyak daripada buah anggur segar. Tak hanya buah kering, buah kalengan, buah beku yang dibuat smoothies dan jus buah pun juga termasuk dalam asupan yang bisa memicu diabetes yang harus Beauty hindari atau batasi konsumsinya.

Bukan berarti Beauty nggak boleh makan buah-buahan ya, tetap dapat mengonsumsi buah, hanya saja

perlu cermat memilih. Pilihlah buah dengan kandungan rendah gula, seperti apel, stroberi, pir, jeruk, semangka, dan kiwi.

4. Minuman ringan yang manis

Rasanya sulit memang menghindari minuman yang dimaniskan dengan gula. Namun perlu Beauty sadari kalau minuman yang dimaniskan dengan gula dapat memicu penyakit diabetes dan harus dihindari. Minuman manis yang dimaksud, seperti teh manis, bubble tea, minuman cokelat, atau minuman kopi yang dicampur dengan gula atau karamel.

Agar Beauty terhindar dari penyakit diabetes, hindari minum minuman tersebut dalam jumlah banyak, ya. Hal ini karena minuman-minuman ini mengandung karbohidrat tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Mereka juga sarat akan fruktosa yang sering dikaitkan dengan resistensi insulin dan obesitas, hingga penyakit fatty liver atau perlemakan hati.

Sebaiknya, Beauty minum air putih yang banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk orang dewasa, direkomendasikan minum air putih sebanyak 2 liter atau sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari.

Dengan mengetahui beragam jenis makanan penyebab diabetes ini, Beauty bisa memulai untuk mengurangi atau menghindari konsumsinya guna mencegah penyakit diabetes. Dengan menjauhi jenis makanan penyebab diabetes tersebt, Beauty bisa menjaga stabilnya kadar gula darah.

Selain menjaga pola dan asupan makan, maksimalkan upaya pencegahan diabetes dengan rutin berolahraga, tidak merokok, rutin mengecek gula darah, dan memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin ke dokter, ya Beauty.