Menu

Jangan Disepelein, Sakit Tenggorokan di Malam Hari Bisa Jadi Tanda Menderita 3 Penyakit Ini!

08 Desember 2021 20:00 WIB

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Sakit tenggorokan merupakan kondisi nyeri, enggak nyaman, atau kering pada tenggorokan dan bisa dikeluhkan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Lantas, apa kamu pernah merasakan sakit tenggorokan di malam hari? Kalau iya, berarti kamu harus waspada. Sebab, ada bahaya penyakit yang perlu kamu perhatikan.

Mengutip dari berbagai sumber (8/12/2021), berikut ini beberapa penyebab umum yang memicu sakit tenggorokan pada malam hari. Yuk, simak ulasannya, ya!

GERD

GERD terjadi pasa saat asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa nyeri dan sakit di dalam tenggorokan.

Asam lambung yang korosif dapat membakar dan mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan penderitanya menjadi sakit pada tenggorokan.

Selain itu, GERD juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti sulit menelan, nyeri dada, nyeri perut, mual, dan juga muntah.

Alergi

Jika seseorang menderita alergi bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Ada berbagai penyebab alergi, seperti alergi debu, alergi bulu bantal, dan lainnya.

Alergi dapat menimbulkan sakit tenggorokan ketika berbaring dan menyebabkan kelebihan lendir di tenggorokan yang memicu sakit pada tenggorokan.

Infeksi virus

Tenggorokan yang sakit juga bisa disebabkan oleh infeksi virus. Ini biasanya merupakan gejala awal dari infeksi virus. Selain sakit di tenggorokan, infeksi virus juga ditandai dengan pegal linu, kelelahan, dan rasa enggak nyaman di dada.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa kamu sakit tenggorokan di malam hati. Waspada, ya!

Artikel Pilihan