Menu

4 Jenis Susu yang Baik untuk Penderita Diabetes, Catat Moms!

09 Desember 2021 12:28 WIB

Ilustrasi seorang perempuan minum susu (Pexel/Cottonbro)

HerStory, Jakarta —

Moms, ada banyak komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes, salah satunya adalah patah tulang dan osteoporosis. Untuk itu, penderita diabetes memerlukan makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu. Hal ini agar tulang tetap kuat dan melindunginya dari osteoporosis.

Sayangnya, komponen lain yang terkandung di dalam susu bisa memengaruhi kondisi kesehatan penderita diabetes, ya Moms. Untuk itu, pilihlah susu yang ramah untuk penderita diabetes. Berikut ini empat jenis susu yang aman bagi penderita diabetes, yaitu:

1. Susu skim 

Susu skim dalah jenis susu yang rendah lemak, ya Moms. Nah, susu ini juga bisa mengontrol risiko penyakit jantung pada penderita diabetes dengan membatasi asupan lemak jenuh. Segelas susu skim mengandung 83 kalori dan 0,1 gram lemak jenuh. Sementara susu murni mengandung 49 kalori dan 5 gram lemak jenuh. Cukup jauh ya Moms perbandingan jumlah nutrisinya.

2. Susu rendah lemak

Selain susu skim yang rendah lemak, ada juga lho Moms susu sapi yang diolah menjadi rendah lemak atau low-fat. Satu gelas susu rendah lemak mengandung 102 kalori dan kandungan lemak jenuh sekitar 1,5 gram. Lemak jenuh ini berfungsi untuk melancarkan darah dan mengatur kadar kolesterol.

3. Susu kedelai

Berikutnya yaitu susu kedelai. Susu ini adalah salah satu jenis susu nabati yang populer dan banyak disukai oleh orang. Susu kedelai diolah dari kacang kedelai yang dihaluskan kemudian disaring untuk mendapatan sarinya. 

Susu kedelai mengandung sekitar 2-4 gram lemak sehat, 61 mg kalsium, 7 gram protein, dan 4-20 gram gula. Namun, kandungan ini bisa berbeda pada setiap produk, ya Moms. Untuk itu, perhatikanlah sebelum mengonsumsinya.

4. Susu Almond

Selain susu kedelai, produk susu nabati lainnya adalah susu almond. Susu ini juga lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Segelas susu almond mengandung 91 kalori dan 451 miligram kalsium. Sama halnya dengan susu kedelai, sebaiknya pilihlah susu almond tanpa rasa untuk menghindari jumlah gula yang tinggi.

Itulah beberapa rekomendasi susu yang baik untuk penderita diabetes. Agar kadar gula dalam darah stabil, tetap jaga pola dan menu makan sehat, ya Moms. 

Artikel Pilihan