Menu

Miliki Rasa yang Manis, Apakah Penderita Diabetes Boleh Mengonsumsi Madu?

10 Desember 2021 06:25 WIB

Madu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Diabetesi (sebutan orang yang menderita diabetes) disarankan untuk menghindari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa manis, terutama yang banyak mengandung gula tambahan, ya Moms. Sebab, penyakit ini terjadi karena naiknya gula dalam darahakibat kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan.

Nah, lalu bagaimana dengan madu? Apakah pasien diabetes boleh konsumsi madu?  Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini, Moms.

Nutrisi dan manfaat madu

Madu telah digunakan sebagai obat tradisional sekaligus pemanis alami sejak ribuan tahun lalu, nih MOms. Berikut ini beberapa manfaat madu yang Moms ketahui:

  • sebagai obat batuk alami
  • sebagai antibiotik alami
  • melawan radikal bebas
  • meningkatkan performa olahraga

Manfaat-manfaat madu tersebut berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sama halnya seperti gula, madu juga termasuk sumber karbohidrat. Karbohidrat dari madu berasal dari glukosa dan fruktosa. Nutrisi yang terkandung di dalam satu sendok makan madu, yaitu:

  • 17 gram gula
  • 17 gram karbohidrat
  • 64 kalori
  • 0,06 gram protein
  • 0,04 gram serat

Selain beberapa nutrisi di atas, madu juga mengandung vitamin dan mineral, namun jumlahnya relatif kecil. Indeks glikemik pada madu juga lebih rendah daripada gula. Indeks glikemik ini adalah takaran untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah. 

Madu memiliki indeks glikemik 58, sedangkan gula biasa memiliki indeks glikemik 60. Dengan perbedaan indeks glikemik tersebut, artinya keduanya sama-sama bisa meningkatkan gula darah dengan cepat.

Apakah penderita diabetes boleh minum madu?

Untuk mejaga kadar gula tetap stabil, sebaiknya penderita diabetes bijak dalam mengonsumsi asupan manis dan karbohidrat. Terutama bagi mereka yang mengonsumsi insulin. Diabetesi perlu lebih cermat menghitung karbohidrat termasuk madu yang dikonsumsi setia hari.

Melansir dari Mayo Clinic (10/12/2021), minum madu bagi penderita diabetes sebenarnya nggak ada bedanya dengan mengonsumsi gula. Keduanya sama-sama bisa meningkatkan kadar gula darah. Bahkan sejumlah madu juga cenderung lebih manis dari gula, memiliki karbohidrat dan kalori yang lebih tinggi ketimbang gula pasir, nih Moms.

Karenanya, sebelum minum madu, Diabetesi tetap harus menghitung konsumsi karbohidrat total sepanjang hari agar gula darah tetap terkontrol. Selain itu, konsultasikan pula dengan dokter terkait jenis diet yang tepat saat Diabetesi ingin minum madu.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari