Menu

Benarkah Oatmeal Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

10 Desember 2021 13:24 WIB

Oatmeal apel kismis (foolproofliving.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini, oatmeal menjadi makanan yang banyak digemari orang karena dipercaya bisa membantu menurnkan berat badan, lho Moms. Biasanya orang mengonsumsi oatmeal dengan menambahkan susu, kismis, pisang, biji rami, atau buah-buahan berry lainnya.

Oatmeal ini kaya akan serat, ya Moms, sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Meski begitu, apakah itu berarti oatmeal bisa membantumu menurunkan berat badan? Yuk Moms, cari tahu jawabannya!

Apa saja manfaat kesehatan dari makan oatmeal?

Sebelum kita membahas kemungkinan efek penurunan berat badan dari makan oatmeal, penting untuk terlebih dahulu memahami kandungan nutrisinya, ya Moms. Nah, di dalam satu cangkir oatmeal yang dimasak, ternyata hanya megandung 150 kalori, lho Moms. 

Selain itu, ada pula kandungan 5 gram serat (sekitar 18 persen dari kebutuhan serat harianmu), satu porsi biji-bijian utuh, dan sedikit protein (sekitar 6 gram), yang sama seperti telur. Ditambah lagi, oatmeal mengandung sumber nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, kaliu, magnesium, fosfor, tembaga, besi, dan selenium.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang yang mengosumsi oatmeal, memiliki diet yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Oatmeal membantu menurunkan berat badan

Oatmeal mengandung serat yang unik, yakni beta-glucan. Jenis serat ini membantu mengatur hormon lapar sehingga kita cenderung lebih puas setelah makan. Pernyataan ini didukung oleh beberapa penelitian yang membandingkan efek antara kelompok orang yang makan dua sajian oatmeal perhari pada wanita yang gemuk dan obesitas. 

Sebagian dari wanita itu, ternyata mendaatkan penurunan berat badan dibanding dengan kelompok yang memiliki pola makan rendah dengan asupan serat rendah. Tapi, pada mereka yang memasukkan oatmeal di dalam menu makannya, berarti asupan seratnya bertambah dan berat badan yang berkurang juga lebih banyak. Dalam pengamatan waktu yang lebih lama, ternyata makin terlihat perbedaan secara signfikan dalam penurunan berat badan.

Kesimpulan

Mengonsumsi oatmeal bisa membantu menurunkan berat badan, terutama kalau kita memiliki pola makan dengan kalori yang terkontrol. Jadi, pola makan secara keseluruhan harus diperhatikan, ya Moms, jangan hanya bergantung pada oatmeal saja.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan