Menu

5 Cara Simpel Turunkan Kolesterol Jahat

10 Desember 2021 23:04 WIB

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (National Institue on Aging/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Saat ini kolesterol tinggi menjadi penyakit gaya hidup yang tak lagi memandang usia. Kolesterol yang dulu dikaitkan dengan mereka yang bertubuh gemuk, kini jua banyak dialami oleh orang yang memiliki badan kurus.

Masalah kolesterol disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. LDL disebut kolesterol jahat karena jenis kolesterol ini bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah bila jumlahnya terlalu banyak. Karenanya, LDL dianggap sebagai penyebab terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Sebuah penelitian memndapati bahwa gaya hidup, seperti pemilihan makanan dan aktivitas fisik berkaitan erat dengan meningkatnya LDL dalam darah. Berikut ini cara sederhana untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah yang perlu kamu lakukan, antara lain:

1. Kurangi konsumsi gula

MEngurangi asupan gula menjadi salah satu cara yang paling sederhana untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Asupan gula yang dimaksut tak hanya gula pasir, ya Moms. Sebab gula juga adal di makanan yang memiliki karbohidrat tinggi, seperti nasi putih, roti, ubi, dan juga minuman kemasan dengan rasa manis.

2. Aktif bergerak

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 14 minggu mendapati bahwa aktivitas fisiks, seperti aerobik, kardio, serta angkat beban secara signifikan bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam darah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan kardio minimal selama 150 menit dalam seminggu.

3. Pilih lemak baik

Kolesterol baik (HDL) bisa membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat, lho Moms. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kadar lemak sehat yang tinggi bisa membantu menjaga kadar kolesterol tetap sehat. Beberapa makanan dengan sumber HDL tinggi, yaitu salmon, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak kelapa.

Baca Juga: Badan Terasa Pegal-pegal? Bahaya, Hati-hati Kolesterol Mengancam

4. Perbanyak makan sayur dan buah

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan selenium. Sebuah penelitian yang mengandung 4.000 orang mengungkap, peningkatan makan buah dan sayur berkaitan dengan rendahnya jumlah kolesterol jahat di dalam darah.

Dalam penelitian tersebut, peserta yang mengonsumsi empat porsi buah dan sayur setiap hari memiliki kadar kolesterol jahat yang jauh lebih rendah ketimbang mereka yang hanya makan satu porsi setiap hari.

Bahkan, tak hanya kadar LDL yang rendah, tingkat antioksidan serat pada tubuh juga menjadi lebih tinggi, sehingga membuat jantung berfungsi lebih baik.

Baca Juga: Awas! Ini Deretan Tanda Kolesterol Tinggi, Perhatikan Nomor 4 Sering Dialami tanpa Disadari

5. Tambahkan bumbu dan rempah dalam masakan

Menambahkan beberapa jenis rempah ke dalam masakan tak hanya bisa menambah aroma, namun juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat, lho Moms. Beberapa rempah yang bisa menurunkan kolesterol, seperti kayu manis, kunyit, jahe, serta kapulaga.

Sedangkan kalau kamu masak daging atau sayur, berikan lebih banyak potongan bawang putih. Mengonsumsi bawang utih setiap hari terbukti meningkatkan kesehatan jantung denan cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah.