Menu

Must Try This One! 4 Tahapan Diet Bebas Gula Selama 1 Bulan Demi Hidup yang Lebih Sehat

13 Desember 2021 11:15 WIB

Ilustrasi diet bebas gula. (Freepik/Rawpixel.com)

HerStory, Sukabumi —

Diet bebas gula bukan berarti benar-benar menghilangkan konsumsi gula, melainkan membatasinya seminimal mungkin. 

Tubuh tentunya sangat membutuhkan gula sebagai sumber energi, dengan begitu diet bebas gula berfokus untuk membatasi asupan gula harian seminimal mungkin. 

Berdasarkan rekomendasi konsumsi gula harian dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per-orang yakni 50gram atau setara 5-9 sendok teh. 

Gula yang dimaksud dari diet bebas gula yang harus dihindari adalah gula tambahan sampai pemanis buatan dalam makanan atau minuman. Sedangkan gula alami yang bisa didapatkan dari buah dan sayuran harus dibatasi karena sebagai sumber energi tubuh. 

Seperti dikutip dari berbagai sumber (13/12/2021), berikut 4 tahapan diet bebas gula selama 1 bulan. 

Tahap Pertama

Selama tiga hari pertama, Beauty harus menyingkirkan segala jenis makanan yang mengandung gula termasuk buah, sayuran bertepung (ubi, singkong dan jagung), susu dan produk olahannya, gandum dan alkohol. 

Selama tiga hari pertama ini Beauty cukup mengonsumsi sayuran, protein dan lemak sehat saja.

Tahap Kedua

Memasuki hari keempat sampai ketujuh disini Beauty sudah boleh mengonsumsi buah tapi cukup apel. Selain itu Beauty bisa menambahkan susu, yogurt dan keju dengan catatan tanpa pemanis dan tinggi lemak.

Sebab jika rendah lemak tubuh justru bisa lebih cepat mencerna gula. Serta boleh juga mengonsumsi sayuran yang mengandung tinggi gula seperti wortel dan kacang polong juga biskuit yang mengandung tinggi serat.

Tahap Ketiga

Selama minggu kedua Beauty menambah ekstra satu porsi susu dan buah yang kaya akan serat dan antioksidan. Pada minggu ini Beauty sudah boleh mengonsumsi sayuran berkarbohidrat kompleks.

Tahap Keempat

Pada minggu ketiga Beauty sudah boleh mengonsumsi buah-buahan manis, cokelat hitam dan menambahkan konsumsi biji-bijian. Sedangkan di minggu keempat, Beauty boleh mengonsumsi asupan karbohidrat dua porsi perhari seperti nasi atau roti.  

Sebagai tahap pemeliharaan, Beauty diusahakan untuk konsisten menjaga pola makan sampai kedepannya demi kualitas hidup sehat yang lebih terjaga. 

Selamat mencoba, Beauty!

Artikel Pilihan