Menu

Bahaya! Ini Sederet Jenis Obat yang Gak Boleh Diminum Bersamaan dengan Kopi, Catat Ya!

14 Desember 2021 14:00 WIB

Ilustrasi pil. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Orang-orang yang sedang mengonsumsi obat, jangan pernah meminumnya bersamaan dengan kopi. Pasalnya, hal tersebut bisa membawa dampak negatif yang berbahaya bagi tubuh.

Meski kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tapi jika meminumnya dalam waktu berdekatan dengan mengonsumsi obat maka bahayanya bisa fatal.

Melansir dari Eat This, berikut ini beberapa jenis obat-obatan yang sebaiknya dijauhkan dari kafein. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Obat tiroid

Obat tiroid enggak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Obat tiroid sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong agar penyerapan obat bisa lebih maksimal.

Obat osteoporosis

Obat osteoporosis juga harus dijauhkan dari kopi. Pasalnya, ketika kamu mengonsumsi obat osteoporosis bersamaan dengan kopi, keefektifan obat akan turun secara drastis.

Obat asam lambung

Saat kamu mengonsumsi obat asam lambung dan tetao minum kopi, maka kandungan asam yang ada di dalam kopi bisa merusak khasiat obat yang ada.

Obat-obatan jantung

Kalau kamu mengonsumsi obat-obatan jantung, jangan pernah meminumnya berbarengan dengan kopi. Kandungan kafein bisa mengganggu penyerapan dan membuat keefektifannya berkurang.

Obat darah tinggi

Ketika obat darah tinggi dikonsumsi bersamaan dengan kopi, maka efeknya bisa semakin menjadi-jadi dan dapat mengganggu tidurmu di malam hari. 

Obat demam dan flu

Beberapa obat penurun demam mengandung stimulan. Ketika digabung dengan kopi, maka efek stimulan akan berkali-kali lipat lebih kuat dan membuatmu jadi sulit beristirahat.

Nah, itulah beberapa jenis obat yang enggak boleh dikonsumsi bersaman dengan kopi. Minum obat sebaiknya dibarengi dengan air putih saja, ya.

Artikel Pilihan