Menu

5 Gejala Kanker Mulut pada Si Kecil, Pastikan Konsumsi Sayurannya Tercukupi Ya Moms!

14 Desember 2021 18:57 WIB

Ilustrasi anak sedang makan sayuran. (Freepik/pvproductions)

HerStory, Sukabumi —

Moms apabila si kecil mengeluhkan sesuatu hal pada mulutnya jangan dianggap sepele, ya.  Bisa jadi yang tadinya dianggap sariawan justru gejala dari kanker mulut. 

Meski risiko kanker mulut pada anak terbilang rendah atau jarang, tapi bukan berarti penyakit ganas yang satu ini enggak bisa menyerang si kecil ya, Moms. 

Kanker mulut umumnya akan menguasai bagian sekitar mulut meliputi bibir, gusi, bagian atas bawah mulut, jaringan tenggorokan sampai kelenjar ludah. 

Penyebab kanker mulut pada anak sampai remaja bisa disebabkan akibat HPV, gangguan riwayat medis (epidermolisis bulosa, anemia, mutasi gen connexin, sindrom bloom, dan fanconi), kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut

Bahkan kurang mengonsumsi sayuran dan buah bisa menjadi faktor pemicu risiko kanker mulut pada anak. Sehingga pastikan asupan nutrisinya juga tercukupi ya, Moms. 

Maka dari itu yuk ketahui gejala kanker mulut pada anak agar bisa mencegah dan lebih mengoptimalkan kesehatan anak seperti dikutip dari berbagai sumber (14/12/2021).

1. Bercak pada Mulut

Moms jangan diabaikan jika mendapati bercak putih atau kemerahan pada mulut, lidah dan gusi si kecil. Bisa jadi bercak tersebut merupakan gejala dari kanker mulut. 

2. Sariawan

Kondisi ini memang sangat umum dialami banyak orang karena kekurangan vitamin C dan cairan. Tetapi apabila sariawan enggak kunjung sembuh dalam durasi yang lama lebih baik segera lakukan pemeriksaan guna mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Sebab kondisi ini bisa menjadi pertanda kanker mulut. 

3. Susah Menelan

Gejala lain dari kanker mulut bisa dilihat apabila si kecil kesulitan saat menelan disertai sakit tenggorkan yang tak kunjung membaik.

4. Benjolan dan Pembengkakan pada Mulut

Moms jangan lupa untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut si kecil. Jika kedapatan adanya benjolan dan pembengkakan di area sekitar mulut tak menutup kemungkinan itu merupakan gejala kanker mulut.

5. Nyeri sampai Perdarahan di Area Mulut

Jangan pernah anggap sepele apabila si kecil mengeluhkan gigi dan gusi atau mulutnya yang terasa nyeri. Apalagi jika gigi si kecil mengalami kerapuhan. Segera bawa si kecil ke dokter gigi guna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut ya, Moms.