Menu

Kolesterol Auto Ambyar! Coba Rutin Lakukan Ragam Olahraga Ini Moms

15 Desember 2021 03:50 WIB

Olahraga untuk penderita asam lambung (Freepik.com/dian.grytsku)

HerStory, Rembang —

Berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami, lho Moms. Bahkan meskipun minum obat penurun kolesterol, kalau tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat tak akan menjamin kadar kolesterol terkontrol.

Melansir WebMD (14/12/2021), olahraga bisa menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan yang berlebih membuat kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah melonjak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga merangsang enzim yang membantu memindahkan kolesterol jahat dari darah dan dinding pembuluh darah ke hati. Selanjutnya kolesterol akan dicerna menjadi empedu dan dikeluarkan dari tubuh. Sehingga, semakin rajin berolahraga, semakin banyak kolesterol jahat (LDL) yang dikeluarkan dari tubuh. Kira-kira olahraga apa saja ya yang efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi?

1. Lari

Lari termasuk salah satu olahraga yang bagus untuk menurunkan kolesterol. Hal ini karena lari bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah (HDL), sehingga kolesterol total lebih terkontrol.

Bahkan tak hanya menurunkan kolesterol, olahraga lari juga bisa menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kalau penderita tidak punya masalah sendi, luangkan waktu untuk lari di sela-sela rutinitas, ya. 

Baca Juga: Lari Pagi Ternyata Malah Bikin Badan Gemuk, Ini Penjelasannya!

2. Jalan kaki

Olahraga jalan kaki kerap dibandingkan dengan olahraga lari. Padahal keduanya sama-sama punya manfaat untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Nah, olahraga jalan kaki bisa jadi pilihan untuk menurunkan kolesterol tinggi yang tepat bagi orang dengan masalah sendi.

3. Bersepeda

Bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi, ya Moms. Pasalnya, kalori dibakar saat bersepeda tidak berbeda jauh dengan olahraga lari.

Umumnya, bersepeda juga lebih enteng bagi sendi pinggul dan lutut keimbang lari. Apalagi untuk orang berusia lanjut.

4. Berenang

Renang adalah jenis olahraga aerobik yang paling ramah sendi. Olaharag ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan kolesterol tinggi, lho MOms. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa  manfaat renang yang menguntungkan pria salah satunya bisa menurunkan risiko kematian sampai 53 persen, jika dibandingkan orang yang malas gerak.

Baca Juga: Moms, Hindari Warna Biru dan Hijau untuk Baju Renang Anak! Ini Bahayanya

5. Angkat beban

Olahraga ini juga bermanfaat bagi orang yang punya penyakit kolesterol tinggi, lho Moms. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Atherosclerosis, orang yang rutin melakukan angkat beban memiliki kemampuan membersihakn kolesterol jahat dengan lebih cepat.

6. Yoga

Opsi olahraga lain untuk menurunkan kolesterol tinggi yaitu yoga. Sebuah penlitian menunjukkan bahwa yoga bisa menurunkan kolesterol jahat sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung, lo Beauty. Ini menjadi pilihan yang tepat yang bisa kamu pilih untuk menghindari kolesterol tinggi.

Selain beberapa rekomendasi olahraga di atas, aktovtas fisik apapun sebenarnya baik untuk penderita kolesterol. Setidaknya lakukan olahraga atau aktivtas fisik dengan intensitas 30 menit setiap harinya.

Nah, kalau memungkinkan, tambahkan latihan ketahanan dua kali seminggu. Sebisa mungkin, kalau kamu memiliki koleseterol yang tinggi, kamu harus aktof bergerak setiap saat, ya. Imbagi juga dengan gaya hidup sehat dengan pola makan bergizi lengkap dan seimbang, tidur yang cukup, berhenti merokok, dan minimalkan stres agar penurunan kolesterol kian efektif.

Baca Juga: Diisukan Sempat Dekat dengan Ayu Ting Ting, Sahrul Gunawan Masih Mesem-mesem Saat Klarifikasi

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan