Menu

Gampang Dipraktikkan! Begini Cara Alami Bersihkan Paru-paru

15 Desember 2021 10:10 WIB

Ilustrasi paru-paru yang sehat. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang memegang peranan penting. Karenanya, kita perlu menjaga kebersihan organ pernapasan itu.

Nah ternyata, cara membersihkan paru-paru bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan alami, lho. Meski sebenarnya, paru-paru bisa membersihkan kotoran sendiri, tapi bukan berarti kita gak melakukan apa-apa untuk menjaga kondisinya.

Teknik pembersihan paru-paru dapat bermanfaat bagi orang yang merokok, orang yang sering terpapar polusi udara, dan mereka yang memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik, dan cystic fibrosis.

Dikutip HerStory dari Medical News Today, ternyata ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membersihkan paru-paru, lho Beauty.

Beberapa metode ini juga dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru.

Apa saja? Lets check this out, Beauty.

1. Terapi uap

Terapi uap dilakukan dengan menghirup uap air guna membuka saluran udara dan membantu lendir keluar dari paru-paru.

Uap akan menambah kehangatan dan kelembapan ke udara sehingga dapat memperbaiki pernapasan dan melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru.

Sebuah penelitian yang melibatkan 16 laki-laki dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) menemukan, kondisi penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) membuat seseorang lebih sulit bernapas.

Terapi uap mungkin bisa dijadikan cara membersihkan paru-paru secara alami untuk melegakan saluran pernapasan.

2. Batuk terkontrol

Batuk yang terkontrol dapat membantu mengirimkan lendir melalui saluran udara.

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap dalam lendir secara alami. Batuk terkontrol mengendurkan kelebihan lendir di paru-paru, mengirimkannya melalui saluran udara.

Dokter menyarankan agar penderita PPOK melakukan latihan ini untuk membantu membersihkan paru-paru mereka.

Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan paru-paru dari kelebihan lendir dengan cara:

  • duduk di kursi dengan bahu rileks, jaga kedua kaki tetap rata di lantai
  • lipat tangan di atas perut
  • tarik napas perlahan melalui hidung
  • hembuskan napas perlahan sambil mencondongkan tubuh ke depan, dorong lengan ke perut
  • batuk 2 atau 3 kali saat menghembuskan napas, menjaga mulut sedikit terbuka
  • tarik napas perlahan melalui hidung
  • istirahat dan ulangi seperlunya

3. Latihan drainase postural

Drainase postural melibatkan berbaring di posisi yang berbeda untuk menggunakan gravitasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru. Latihan ini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru.

4. Olahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan serta mengurangi berbagai risiko penyakit kronis, termasuk serangan stroke dan penyakit jantung.

Saat berolahraga, otot akan bekerja lebih keras sehingga meningkatkan laju pernapasan dan menghasilkan pasokan oksigen yang lebih banyak ke otot. Olahraga rutin mungkin sulit dilakukan oleh orang dengan kondisi paru-paru kronis. Agar aman, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

5. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa antioksidan dalam the hijau ini dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek negatif akibat menghirup polusi udara.

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan, minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

6. Konsumsi makanan anti-inflamasi

Cara membersihkan paru-paru secara alami bisa denggan mengonsumsi makanan yang bersifat anti-inflamasi.

Makanan anti-inflamasi ini dapat meredakan peradangan yang menyebabkan sulit bernapas atau dada terasa berat. Beberapa makanan anti-inflamasi yang direkomendasikan adalah sayuran hijau, ceri, blueberry, kenari, kacang polong, dan zaitun.

7. Perkusi dada

Perkusi dada adalah cara lain yang efektif untuk menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru. Seorang profesional kesehatan atau terapis pernapasan akan menggunakan tangan yang ditangkupkan untuk mengetuk dinding dada secara berirama untuk mengeluarkan lendir yang terperangkap di paru-paru.

Menggabungkan perkusi dada dan drainase postural dapat membantu membersihkan saluran udara dari kelebihan lendir.

Tertarik mencobanya, Beauty?