Menu

Waspada! 5 Bahaya Buah Leci untuk Ibu Hamil, Bisa Bikin Perdarahan...

16 Desember 2021 11:15 WIB

Buah leci. (Freepik/jcomp)

HerStory, Sukabumi —

Buah merupakan salah satu sumber nutrisi baik bagi ibu hamil. Tapi, kalau dikonsumsi berlebih justru bisa mendatangkan risiko berbahaya bagi ibu dan janin

Salah satunya buah leci yang harus dibatasi konsumsinya terhadap ibu hamil. Bukan tanpa alasan, leci yang dimakan secara berlebih bisa memberikan efek samping dan merugikan kesehatan. 

Nah, berikut ini sederet bahaya yang akan mengintai bila mengonsumsi leci secara berlebih bagi ibu hamil. Seperti dikutip dari berbagai sumber (16/12/2021), berikut diantaranya. 

1. Memicu Hipotensi

Leci memang mengandung nutrisi yang baik untuk pembuluh darah. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan justru bisa mendatangkan efek sebaliknya, yakni menurunkan tekanan darah yang berujung hipotensi

Kondisi ini akan membuat Moms merasa pusing, mual, pandangan kabur, mudah lelah sampai pernapasan yang dangkal.

2. Meningkatkan Suhu Tubuh

Menurut studi dari BMC Complementary Medicine and Therapies, makan leci secara berlebih bagi ibu hamil dapat meningkatkan suhu tubuh yang tentunya berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. 

Suhu tubuh yang meningkat bisa menyebabkan ketidakseimbangan, hidung berdarah, sariawan, sakit tenggorokan dan lainnya. 

3. Risiko Perdarahan

Kondisi ini tentunya sangat harus dihindari ibu hamil karena bisa mengancam keselamatan nyawa ibu dan janin. Apabila Moms sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, lebih baik batasi bahkan hindari konsumsi leci karena bisa memicu perdarahan.

4. Memicu Hipoglikemia

Berdasarkan jurnal Pharmaceutical and Biological Evalutions, buah leci mampu menurunkan kadar gula darah apabila dikonsumsi dengan tepat. Dengan begitu, jika dikonsumsi secara berlebih tentunya bisa memicu hipoglikemia

Bagi ibu hamil kondisi ini bisa berdampak mempersulit saat proses persalinan. 

5. Kelahiran Mati

Konsumsi leci secara tak tepat bisa memicu infeksi pada janin. Jika infeksi tak tertangani dengan segera, dapat berujung pada kelahiran mati. 

Nah, dengan begitu selalu batasi setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh ya, Moms. Pasalnya, sesuatu yang berlebihan itu enggak baik bagi kesehatan.