Menu

3 Alternatif Makanan Pengganti Nasi Khusus Diabetesi, Lebih Sehat dan Aman untuk Gula Darah

17 Desember 2021 12:56 WIB

Nasi Shirataki (Alibaba.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Nasi adalah makanan pokok yang jadi bagian dari makanan sehari-hari lebih dari setengah populasi dunia. Pasalnya nasi sangat serbaguna dan mudah ditemukan sehingga bisa dikombinasikan dengan berbagai hidangan makanan.

Tapi, sebenarnya nasi putih hanya sedikit memiliki nutrisi penting karena dimurnikan, yang berarti kulit, dedak, dan kumannya telah dihilangkan selama proses penggilingan.

Nasi putih adalah sumber karbohidrat dan kalori kosong dengan sedikit vitamin dan mineral penting. Ada penelitian yang mengatakan bahwa nasi putih bisa meningkatkan risiko diabetes karena obesitas lho.

Maka dari itu penyandang diabetes disarankan untuk mengganti nasi putih yang lebih ramah dengan gula darah. Ada pilihan alternatif lain dari nasi putih yang lebih bergizi dan bernutrisi, penasaran apa saja? berikut rinciannya seperti dilansir dari Boldsky (17/12/2021):

1. Quinoa

Quinoa adalah salah satu makanan yang sehat dan juga paling populer. Hal itu dikarenakan quinoa memiliki nilai gizinya yang tinggi.

Enggak heran jika Quinoa sering dijadikan alternatif pengganti nasi putih karena bebas gluten dan tinggi protein. Di dalam Quinoa juga terdapat sembilan asam amino esensial yang menjadikannya pilihan protein yang baik untuk vegetarian.

2. Jelai (Barli)

Barli atau jelai juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi nih untuk penyandang diabetes. Barli memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang tak mengganggu indera perasa.

Enggak hanya itu, di dalam Barli juga terkandung protein dan serat yang tinggi dibandingkan nasi. Ini juga memiliki jumlah zat besi, magnesium, potasium, serat, kalsium, dan vitamin dan mineral penting lainnya.

3. Nasi Shirataki

Beberapa tahun terakhir, pasti kamu sering mendengar Nasi Shirataki. Makanan pokok ini populer banget karena dikatakan sangat mirip dengan nasi putih yang biasa dikonsumsi, namun dengan versi yang lebih sehat.

Nasi Shirataki terbuat dari akar konjak dan kaya akan glukomanan, serat makanan alami yang larut dalam air. Glukomanan memiliki berbagai manfaat kesehatan yang telah terbukti mencegah banyak penyakit kronis

Artikel Pilihan