Menu

Mengulik Manfaat Buah Pir, Bisa Atasi Peradangan Hingga Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi

20 Desember 2021 13:30 WIB

Buah Pir. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang kita tahu, buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Makanya, setiap hari kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan.

Salah satu buah yang kaya manfaat adalah pir. Buah pir mengandung banyak nutrisi, seperti kalori, karbohidrat, serat, vitamin, dan kalium.

Nutrisi yang paling besar dalam buah pir adalah bagian kulitnya. Jadi, sebaiknya konsumsi buah pir sekaligus dengan kulitnya, tapi dicuci terlebih dahulu, ya.

Secara umum, buah pir bermanfaat untuk mengatasi peradangan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan berfungsi sebagai antihiperglikemik.

Melansir dari berbagai sumber (20/12/2021), sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah pir sangat baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Buah pir bisa membantu mencegah serta mengelola diabetes tipe 2 bila dikonsumsi sebagai buah utuh.

Penelitian tentang konsumsi pir di antara orang-orang yang berisiko terkena diabetes tipe 2 menemukan bahwa makan apel dan pir bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 18 persen. 

Buah pir yang dikonsumsi dengan menjaga pola makan bisa membantu mengendalikan kadar gula darah atau mengendalikan diabetes tahap awal.

Penelitian tersebut menghubungkan konsumsi buah-buahan untuk membantu mengurangi kebutuhan atau dosis obat diabetes pada tahap pradiabetes dan diabetes awal.

Selain konsumsi buah-buahan yang kaya manfaat, para penderita diabetes juga harus mengonsumsi makanan bergizi lainnya, seperti sayuran dan biji-bijian.

Hindari makanan dan minuman yang menjadi pantangan untuk para penderita diabetes supaya kadar gula darah tetap aman terkendali.

Semoga bermanfaat, ya!