Menu

4 Penjelasan Medis Mengenai Istilah Kesehatan Awam yang Sering Banyak Persepsi, Apa Saja Ya?

21 Desember 2021 17:55 WIB

Ilustrasi dokter sedang menjelaskan kondisi pasien secara virtual. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Guna memudahkan untuk memahami kondisi kesehatan tertentu seringkali kita menggunakan istilah tertentu.

Namun sayangnya istilah tersebut seringkali berujung banyaknya persepsi di luar batas dari kondisi yang sebenarnya sebagaimana berdasarkan kacamata medis. 

Alhasil istilah tersebut justru membuat bingung karena banyaknya dugaan-dugaan cara menangananinya. 

Berangkat dari hal tersebut, dr. RA Adaninggar pun memberikan penjelasan mengenai istilah kesehatan awam yang beredar di masyarakat berdasarkan kacamata medis. 

Seperti dikutip dari unggahan dari laman media sosialnya (21/12/2021), berikut 4 diantaranya. 

1. Masuk Angin

Beauty pastinya sering mendengar istilah ini bila merasakan keluhan pusing dan mual. Sebenarnya, masuk angin merupakan gejala mirip flu yang biasanya mengawali terjadinya suatu infeksi baik karena virus, bakteri atau jamur. 

Cara penanganannya pun disesuaikan dengan gejala yang dialami. Tapi yang paling utama dengan beristirahat, nutrisi yang baik dan pengobatan penghilang gejala serta antibiotik sesuai penyebabnya. 

2. Angin Duduk

Angin duduk sangat berbeda dengan masuk angin ya, Beauty. Kondisi ini dalam dunia medis disebut angina pectoris yakni nyeri dada yang khas menunjukkan gejala serangan jantung. Tetapi ada juga yang merasakan gejalanya mirip nyeri lambung karena nyerinya di ulu hati. 

Kondisi ini harus segera mendapatkan tindakan langsung ke Rumah Sakit apabila tak kunjung membaik meski sudah beristirahat atau menggunakan obat bawah lidah yang biasa dipakai. Atau bila memang sudah memiliki risiko seperti riwayat keluarga, hipertensi, diabetes, obesitas dan lain sebagainya. 

3. Paru-paru Basah

Dalam istilah medis kondisi ini disebut pneumonia dimana adanya peradangan dalam gelembung paru yang disebabkan oleh infeksi (bakteri/virus/jamur/parasit) atau benda asing. Gejalanya dapat ditandai dengan sesak, batuk, nyeri dada, dan lainnya. 

Perlu digarisbawahi bahwa paru-paru basah sama sekali tak ada hubungannya dengan tidur di lantai, di ruangan ber-AC atau kipas angin, minum air dingin, dan menghirup udara malam. 

4. Panas Dalam

Panas dalam sebenarnya merupakan kondisi adanya kumpulan gejala dari berbagai penyakit misalnya radang tenggorokan, gangguan lambung atau pencernaan dan lain sebagainya. Pengobatannya pun tergantung dari penyakit penyebabnya.

Nah sekarang Beauty sudah tahu kan istilah awam tersebut dengan penjelasan yang sebenarnya berdasarkan medis. Jika ada keluhan segera konsultasikan ke dokter terdekat ya! 

Artikel Pilihan