Menu

Serupa tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Eksim dan Psoriasis! Jangan Sampai Salah Lagi Ya Moms

22 Desember 2021 20:05 WIB

Ilustrasi psoriasis. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Sama-sama berkaitan dengan masalah kulit, eksim dan psoriasis rupanya merupakan dua kondisi yang berbeda lho, Moms. 

Banyak yang mengira keduanya ini sama karena membuat kulit menjadi iritasi bahkan meradang. Padahal mulai dari penyebabnya pun kedua sudah jelas berbeda. 

Bahkan jika ditinjau lebih seksama lagi eksim dan psoriasis memiliki tampilan bentuk yang berbeda. 

Maka dari itu sangat penting bagi Moms untuk mengetahui perbedaan keduanya agar penanganan yang diberikan pun sesuai dan tepat. Melansir dari berbagai sumber (22/12/2021), yuk disimak sampai tuntas Moms.

Penyebab dan Pemicu

Psoriasis umumnya muncul di rentang usia 15 - 35 tahun namun tak menutup kemungkinan kemunculannya bisa saja dilain usia tersebut. Sedangkan eksim lebih sering terjadi pada bayi dan akan berangsur membaik seiring bertambahnya usia. 

Penyebab psoriasis dikarenakan faktor genetik dan dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu, goresan dan terbakar matahari. Sementara eksim disebabkan oleh sesuatu hal yang membuat kulit iritasi misalnya keringat, panas, perubahan hormon, bahkan alergi. 

Penampilan Bentuk

Perbedaan yang bisa dilihat secara fisik dari keduanya yakni berdasarkan pola dan bentuk tampilannya. Psoriasis ditandai dengan kulit menebal, bersisik putih dan kemerahan.

Lain hal dengan eksim yang memiliki penampilan merah, kering, pecah-pecah bahkan bisa sampai mengeluarkan darah atau cairan dari kulit. 

Letak Kemunculan

Meski memiliki gejala serupa yakni gatal, perbedaan lain yang bisa dilihat dari keduanya adalah letak kemunculannya. Eksim umumnya muncul di area lipatan kulit misalnya siku, lutut, dan leher. Namun tak menutup kemungkinan eksim bisa juga muncul di pipi, dagu, lengan, dan kaki. 

Sementara pada psoriasis letak kemunculannya bisa dimana saja seperti kulit kepala, wajah, lutut, kuku, mulut, kelopak mata, telinga, telapak tangan-kaki juga punggung.