Menu

Bahaya! Ini Menu Sarapan Terburuk untuk Kekebalan Tubuh Menurut Ahli Gizi

23 Desember 2021 06:44 WIB

Strawberry Waffles (Twitter/@OCharleys)

HerStory, Bogor —

Beauty, ketika kamu mencoba untuk meningkatkan kekebalan tubuh alias imunitas, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan.

Beberapa hal yang mungkin ingin kamu coba adalah tidur yang cukup, mencoba membatasi tingkat stres (lebih mudah diucapkan daripada dilakukan), berolahraga secara teratur, atau makan makanan yang sehat.

Jika kamu memilih untuk mencoba makan makanan yang lebih sehat untuk meningkatkan pola makan dan sistem kekebalan tubuh, maka kamu mungkin bertanya pada diri sendiri makanan mana yang bermanfaat untuk dimakan dan mana yang harus dihindari. Tak terkecuali saat sarapan.

Menurut Courtney D'Angelo, MS, RD, ahli gizi serta penulis di GoWellness, salah satu menu sarapan terburuk untuk kekebalan tubuh adalah pancake atau waffel. Kok bisa?

D'Angelo bilang, ketika kamu ingin memulai harimu dengan cara yang sehat, sebaiknya kamu menghindari makanan yang sebagian besar terbuat dari tambahan gula dan yang memiliki sedikit atau tanpa protein atau serat.

"Sebagian besar dari kita makan panekuk dan waffel dengan tambahan gula, sirup, cokelat, atau krim kocok. Tapi kamu berpotensi kelebihan gula, yang menjadikan sistem kekebalan tubuhmu mungkin menderita," kata D'Angelo, sebagaimana HerStory kutip dari Eat This. Kamis (23/12/202021).

Dan, menurut sebuah penelitian Nature Communications, kadar fruktosa yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan peradangan yang lebih besar yang dapat menyebabkan sistem kekebalan yang melemah.

"Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan memiliki indeks glikemik tinggi, yang akan meningkatkan peradangan, menyebabkan fluktuasi tingkat energi, dan nafsu makan yang naik. Yang pada gilirannya, efek samping ini dapat mengakibatkan sistem kekebalan yang melemah karena tubuh bekerja terlalu keras dan, yang lebih penting, tidak memiliki nutrisi yang tepat yang dibutuhkan untuk berfungsi,” papar ," D'Angelo.

Lantas, apakah ada cara yang lebih sehat untuk makan pancake dan waffle?

Ya, kabar baiknya memang kamu gak harus menghindari suguhan sarapan manis ini untuk selamanya jika itu adalah sesuatu yang benar-benar kamu sukai, Beauty.

Jika kamu ingin memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat namun tetap ingin makan pancake dan waffle, ada beberapa cara simple untuk meningkatkan nilai gizinya. Apa ya?

"Jika kamu ingin makan pancake atau waffle untuk sarapan, coba tambahkan bubuk protein, serat, dan antioksidan ke dalam resepnya. Misalnya, tambahkan blueberry yang kaya antioksidan sebagai pengganti keping cokelat, atau ganti dengan tepung putih. Dengan tepung gandum kaya serat, masukkan satu sendok bubuk protein whey yang sehat,” pungkas D'Angelo.

Tertarik mencobanya, Beauty?

Artikel Pilihan