Menu

5 Tanda Kolesterol Tinggi, Gemuk Bukan Berarti Banyak Kolesterol Ya Moms

24 Desember 2021 04:45 WIB

Ilustrasi wanita obesitas yang menjadi pelupa. (Freepik/phanuwatnandee)

HerStory, Rembang —

Kolesterol adalah lemak mirip zat lilin yang ada dalam darah, Moms. Nah, tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk menunjang pertumbuhan sel yang sehat. Tapi kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Tanda kolesterol tinggi sebenarnya bisa dirasakan oleh masing-masing orang. Sayangnya, banyak orang yang gak peka akan gejala kolesterol tinggi yang timbul. Bahkan adapula yang cuek-cuek saja meski merasakannya.

Banyak yang mengira kalau orang gemuk pasti mengidap kolesterol tinggi. Padahal ini belum tentu, ya Moms. Nah, kira-kira apa saja sih tanda kolesterol tinggi? Yuk Moms simak ulasan berikut.

1. Luka kekuningan di sejumlah bagian tubuh

Gejala kolesterol tinggi karen afaktor keturunan bisa memicu tub=mbuhnya luka kekuningan pada kulit. Luka khas yang disebabkan oleh pertumbuhan lemak di bawah jaringan kulit ini disbeut xanthoma.

Saat kolesterol naik, xanthoma bisa muncul di berbagai bagian tubuh, seperti lutut, siku, kaki, tangan, dan pantat.

2. Bercak kuning di bawah kelopak mata

Gejala ini timbul dari kelompok orang yang berusi di bawah 30 tahun. Namun, bercak kuning di bawah kelopak mata tak hanya gejala kolesterol tinggi semata, Moms. Oleh sebab itu, kalau Moms memiliki gejala ini sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapat diagnosa dengan tepat.

3. Lingkaran putih di kornea

Kolesterol tinggi juga ditandai dengan munculnya lingkaran putih atau bentuk setengah lingkaran pada kornea mata. Gejala ini biasanya muncul dari penderita yang berusia di bawah 30 tahun atau di atas 50 tahun.

4. Sakit kepala atau badan teras pegal

Kadar kolesterol tinggi menyebabkan darah yang banyak mengandung lemak jadi mengental. Akibatnya, lemak dapat menumpuk di dinding pembuluh darah dan menghambat aliran darah.

Nah, penumpukan lemak di pembuluh darah bisa menyebabkan saluran darah menyempit dan pasokan oksigen jadi berkurang. Saat kadar oksigen berkurang inilah seseorang bisa mengalami sakit kepala atau badan terasa pegal-pegal.

5. Lemah syahwat atau impotensi

Kondisi ini dipengaruhi oleh penumpukan kolesterol di pembuluh darah arteri. Umumnya, impotensi banyak menyerang pria yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Tanda kolesterol tinggi pada tubuh umumnya tak tampak mencolok. Penderita biasanya baru merasakan ciri-ciri kolesterol tinggi saat sudah terjadi serangan jantung atau stroke. Nah, sebelm terlambat, ada baiknya kalau Moms rutin memeriksakan kadar kolesterol darah.