Menu

Jangan Sampai Kebablasan, Yuk Cegah Kenaikan Berat Badan Saat Natal dan Tahun Baru dengan 4 Cara Ini!

24 Desember 2021 16:00 WIB

Wanita sedang menimbang berat badan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Perayaan Natal dan tahun baru biasanya membuat kamu jadi lebih banyak makan karena hidangan yang disajikan begitu menggugah selera.

Namun, banyak juga orang yang kebablasan dan kebanyakan makan. Akhirnya, berat badan pun naik drastis saat Natal dan tahun baru.

Oleh karena itu, kamu perlu mencegah terjadinya kenaikan berat badan dengan beberapa cara berikut ini, seperti dilansir dari berbagai sumber (24/12/2021).

Yuk, simak dan catat dengan baik, ya!

Buat target kenaikan berat badan

Strategi yang satu ini sangat cocok untuk memastikan berat badan kamu enggakk berlebihan selama libur Natal dan tahun baru.

Buatlah target berat badan untuk bulan Desember supaya kamu bisa mengubah perilaku dan pola pikir kamu seputar makanan.

Tingkatkan asupan protein

Tingkatkan asupan protein untuk menjaga berat badanmu. Dengan meningkatkan asupan protein, kamu jadi merasa lebih kenyang dan enggak ngemil.

Selain itu, kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Makanan yang digoreng memiliko kalori dua kali lebih banyak karena lemaknya yang tinggi.

Jangan banyak makan dessert

Jangan terlalu banyak makan dessert yang cenderung memiliki rasa manis. Ini bisa membantu kamu menghemat ratusna kalori yang membuat berat badan cepat bertambah.

Cobalah metode NEAT

NEAT merupakan singkatan dari Non-Exercise Activity Thermogenesis. Metode yang satu ini cocokk untuk kamu yang mau olahraga, tapi enggak memiliki waktu.

Caranya, kamu bisa mengambil lebih banyak langkah di sekitar kantor dan rumah, memilih untuk parkir lebih  jauh dan berjalan kaki, atau lebih disiplin untuk berjalan-jalan. Metode NEAT ini bisa membakar lebih banyak kalori 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan saat perayaan Natal dan tahun baru. Catat, ya!