Menu

Waspada Moms! Kenali 4 Penyebab Batuk pada Anak, Salah Satunya Karena...

24 Desember 2021 13:30 WIB

Ilustrasi anak batuk. (Freepik/prostooleh)

HerStory, Sukabumi —

Secara umum batuk yang dialami anak merupakan bentuk respon tubuh untuk mengeluarkan lendir, iritasi atau benda asing dalam tubuh. Meski begitu rupanya kondisi medis tertentu juga bisa memicu anak menjadi batuk. 

Batuk sebenarnya merupakan kondisi yang umum terjadi pada anak. Namun tetap saja tak bisa disepelekan karena selain bisa mengganggu aktivitas anak, batuk juga bisa menjadi pertanda gejala masalah kesehatan tertentu. 

Sehingga Moms juga perlu tahu pemicu lain dari batuk yang disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu. Seperti dikutip dari berbagai sumber (24/12/2021), berikut 4 diantaranya. 

1. Asam Lambung Naik

Batuk yang dialami anak bisa juga dipicu oleh naiknya asam lambung. Gejala lainnya seperti muntah, mulut yang terasa tak nyaman, mulas sampai sensasi terbakar pada dada. 

2. Asma

Jika pada malam harinya gejala batuk yang dialami anak semakin memburuk bisa jadi pemicunya karena asma. Batuk karena asma pun bisa saja kambuh saat anak bermain atau melakukan aktivitas fisik.

3. Alergi

Bilamana Moms mendapati anak yang batuk disertai mata berair, pilek, tenggorokan gatal hingga ruam bisa menjadi pertanda batuk yang dialaminya karena alergi. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui pemicu alergi yang dialami anak. 

4. Infeksi

Pemicu lain dari batuk pada anak bisa disebabkan oleh flu atau pilek yang berlangsung lama. Batuk yang disebabkan oleh infeksi memiliki tingkat ringan sampai sedang yang mempengaruhi suara batuk anak. Suara batuk karena infeksi akan lebih keras ketika malam hari dibarengi napas anak yang berbunyi. 

Apabila batuk anak tak kunjung sembuh lebih dari 3 hari, sebaiknya segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya, Moms.