Menu

Wah, Kurang Vitamin Ternyata Bisa Bikin Mata Bengkak

27 Desember 2021 13:10 WIB

Ilustrasi mata kedutan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Rembang —

Hayo, siapa nih yang suka malas-malasan makan suplemen atau mengatur menu makan yang seimbang? Mulai sekarang wajib kita kurangi, ya Beauty. Soalnya hal itu menyebabkan tubuh jadi kurang fit karena kekurangan vitamin.

Mungkin Beauty merasa sehat-sehat saja, tapi sebenarnya ada beberapa tanda dari tubuh yang bisa terlihat jelas kalau sedang kurang sehat. 

Tanda tersebut salah satunya cukup jelas di sekitar wajah. Ini 5 tanda di wajah yang bisa jadi tanda kalau tubuh kekurangan vitamin.

1. Mata bengkak

Nggak habis nangis tapi mata terlihat bengkak? Bisa jadi tubuh lagi memberi tanda kalau kekurangan yodium. Sumber utama yodium ini adalah garam, ya Beauty.

Kamu juga bisa menambahkan sejumlah yodium dengan mengonsumsi seafood, seperti udang dan rumput laut, produk susu, serta roti.

2. Wajah pucat

Kalau wajah terlihat pucat dari biasanya, itu bisa jadi tand akalau tubuh kekurangan vitamin B12. Kekurangan vitamin ini bisa membuat kamu lebih mudah capek dan juga galau, lho. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B12, kamu bisa mulai rajin konsumsi daging dan juga seafood.

3. Gusi berdarah

Kalau kondisi ini lagi kamu alami, itu tandanya tubuh lagi kekuranagn vitamin C. Semakin berkurang kadar vitamin C, kekebalan tubuh juga bisa ikut menurun. Selain itu kamu juga akan merasa pegal di bagian otot dan timbul maslaah gigi lainnya. Untuk mencegahnya, kamu bisa mulai rajin makan jeruk dan paprika merah.

4. Bibir pucat

Bibir pucat juga bisa jadi tanda kalau tubuh kekurangan zat besi, Beauty. Kalau keadaan ini dibiarkan terus-menerus, gejalanya bisa bertambah jadi denyut nadi yang rendah atau sampai sakit flu.

Nah, untuk mengatasi kondisi ini kamu perlu makan olahan daging merah dan berhenti makan makanan yang mengandung kalsium tinggi, seperti susu, kacang almod, tahu, dan jus jeruk untuk sementara waktu, ya.

5. Rambut kering

Rambut kering juga bisa menjadi tanda kalau kamu kekurangan vitamin biotin atau vitamin B7. Umumnya, kondisi ini adalah efek dari peggunaan obat-obatan antibiotik.

Nah untuk memenuhi kebutuhan vitamin B7 dalam tubuh, kamu perlu lebih sering makan olahan daging, ikan, sayuran, buah-buahan, jamur, dan kacang-kacangan.

Itulah lima tanda yang bisa kamu lihat secara jelas kalau kekurangan vitamin. Saatnya konsumsi menu makanan yang bergizi ya, agar kebutuhan vitamin tubuh terpenuhi.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari