Menu

Tak Banyak yang Tahu, Buah Plum Ini Bisa Mengontrol Kadar Gula Darah

29 Desember 2021 12:35 WIB

Buah Plum (Unsplash/Joanna Kosinska)

HerStory, Rembang —

Buah berwarna merah keunguan berbentuk seperti batu dengan rasa manis dan kandungan air yang banyak ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, buah plum mengandung beragam komponen vitamin dan mineral yang sehat.

Menurut USDA National Nutrient Database, buah plum merupakan sumber vitamin yang sangat baik, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan vitamin K. Melansir dari besthealthmag (29/12/2021), berikut manfaat buah plum untuk kesehatan.

1. Melindung jantung

Satu buah plum segar berukuran sedang mengandung 113 mg kalium, mineral yang membantu mengelola tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke, Moms.

Nah, kalau itu tidak cukup menghangatkan hati, pigmen biru kemerahan di beberapa plum, yang disebut anthocyanin, bisa melindungi terhadap kanker dengan membersihkan radikal bebas berbahaya.

2. Melancarkan pencernaan

Buah ini kaya akan kandungan serat juga, lho MOms. Setiap plum memiliki satu gram serat. Karenanya, ini sangat bagus untuk melancarkan pencernaan.

3. Menurunkan gula darah

Buah ini juga termasuk buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini artinya, mengonsumsi buah ini bisa membantumu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2, ya Moms.

Baca Juga: Catat! Ini Gula Alami yang Aman untuk Penderita Kanker

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Para peneliti dari Universitas Florida State, menguji dua kelompok wanita pascamenopause selama 12 bulan untuk kepadatan tulang. Satu kelompok makan buah plum 100 gram per hari, yang lainnya makan 100 gram apel kering. Kedua kelompok tersebut mengonsumsi suplemen dan vitamin D.

Nah, pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok buah plum memiliki kepadatan mineral tulang yang jauh lebih tinggi di tulang belakang dan lengan bawah.

5. Meningkatkan daya ingat

Selain beerapa manfaat di atas, buah plum juga mampu membantu meningkatkan daya ingat, Moms. Pasalnya, kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu menetralkan radikal bebas  perusak sel yang memengaruhi daya ingat seseorang.

Baca Juga: Golongan Darah A Ternyata Mudah Banget Stres Berat, Ini Penjelasannya

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan