Menu

Punya Hewan Peliharaan Bisa Bikin Jantung Sehat, Kok Bisa?

29 Desember 2021 12:55 WIB

Nagita Slavina dan Kucingnya Mayonaise (YouTube Rans Entertainment/Edited by Herstory)

HerStory, Rembang —

Menghabiskan waktu berkualitas dengan anjing, kucing, atau hewan peliharaan lain ternyata bisa berdampak positif pada suasana hati dan kesehatan, lho Beauty. Pasalnya, hewan peliharaan bisa menjadi "obat stres" yang menenangkan dan menyenangkan. 

Seorang peneliti hewan peliharaan, Allen R. McConnel PhD menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan rata-rata lebih baik daripada bukan pemilik, terutama ketika mereka punya kualitas hubugan yang lebih tinggi dengan hewan peliharaan mereka.

Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga berdampak pada kesehatan tubuh, Moms. Nah, beriku sejumlah manfaat memiliki hewan peliharaan bagi kesehatan, meliputi:

1. Jantung lebih sehat

Hewan peliharaan mungkin membuat kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung. Ini karena pemilik anjing lebih banyak berjalan dan memiliki tekanan darah rendah lebih rendah daripada orang yang tak memiliki anjing.

2. Penenang stres

Setelah seharian lelah beraktivitas, mengelus kucing atau anjing terasa sangat menyenangkan. Hal ini bisa menurunkan tekanan darah, membantu tubuh melepaskan hormon relaksasi, serta mengurangi kadar hormon stres.

3. Suasana hati lebih baik

Umumnya orang yang memiliki hewan peliharaan akan lebih bahagia, lebih percaya, dan tak terlalu kesepian dibandingkan mereka yang tak memiliki hewan peliharaan. Mereka juga jarang mengunjungi dokter untuk masalah kecil. 

Salah satu alasannya mugkin karena hewan peliharaanmu memberi rasa memiliki dan berarti.

4. Risiko alergi rendah

Menurut beberapa penelitian, bayi yang dibesarkan dalam keluarga yang memiliki hewan peliharaanmungkin lebih kecil kemungkinannya terkena alergi dan asma. Pasalnya bayi dengan anjing atau kucing di rumah akan lebih sedikit pilek dan infeksi telinga selama tahun pertema mereka dibandingkan mereka yanng tak memiliki hewan peliharaan.