Menu

Manfaat Daun Salam untuk Mengontrol Diabetes Tipe 2

30 Desember 2021 07:10 WIB

Daun salam. (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Rembang —

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, daun salam diketahui bermanfaat untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat penyakit diabetes (kencing manis). Daun dengan nama latin Syzygium polyanthum ini disebut-sebut memiliki sifat yang mampu menghambat peningkatan gula darah dalam tubuh, ya Moms.

Beberapa penelitian pun telah membuktikan sifat-sifat menguntugkan yang terkandung dalam daun salam untuk mengatasi penyakit diabetes ini, seperti:

1. Menurunkan kadar gula darah

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Annals of Medicine and Surgery, ekstrak daun salam bisa mengurangi kadar gula pada darah. Selain itu, ekstrak tersebut juga bisa mneurunkan berat badan tikus yang mengidap diabetes.

Baca Juga: Penderita Diabetes Sering Merasa Gatal? Yuk, Ketahui Penyebabnya...

2. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Studi lain juga menunjukkan bahwa daun salam mungkin bermanfaat untuk obat herbal bagi penederita diabetes tipa 2. Studi tersebut dilakukan pada 65 orang juga membeberkan bahwa pemberian daun salam mungkin bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

3. Memiliki sifat antihiperglikemik

Hiperglikemik adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah sangat tinggi. Hal ini terjadi ketika tubuh kekurangan atau tak dapat menggunakan hormon insuli dengan baik. Nah, sebuah studi menyebut bahwa ekstrak daun salam mengandung flavonoid, glikosida, dan squalene yang berguna untuk menghambat penyerapan glukosa dari usus serta meningkatkan pengambilan glukosa di jaringan otot.

Cara mengolah daun salam sebagai obat diabetes

Berikut langkah-langkh yang perlu Moms pahami untuk mendapatkan manfaat daun salam sebagai obat diabetes.

  • Siapkan kurang lebih 500 mililiter air dan 7 lembar daun salam.
  • Cuci daun salam hingga bersih
  • Rebus daun salam dengan air hingga berubah warna
  • Setelah berubah warna, buang daun salam

Ramuan siap diminum, Moms. Cukup mudah kan Moms membuatnya? Semoga bermanfaat, ya.

Artikel Pilihan