Menu

Penderita Diabetes Sering Merasa Pusing? Waspada, 2 Penyebab Ini Bisa Bawa Petaka!

31 Desember 2021 08:30 WIB

Ilustrasi pusing yang merupakan salah satu gejala dari anemia dan darah rendah. (Freepik/benzoix)

HerStory, Jakarta —

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan melonjaknya kadar gula dalam darah. Kondisi ini harus ditangani dengan serius supaya enggak menjadi pemicu penyakit kronis lainnya.

Para penderita diabetes sering mengeluhkan sakit kepala atau pusing. Hal ini terjadi karena adanya perubahan kadar gula dalam darah.

Melansir dari laman Medical News Today, penderita diabetes sering sakit kepala karena kadar gula darah yang tinggi ataupun rendah. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Hiperglikemia

Hiperglikemia merupakan kondisi di mana kadar gula darah terlalu tinggi dan bisa disebabkan oleh beragam faktor. Pada penderita diabetes tipe 1, kondisi ini terjadi karena kurangnya insulin di tubuh.

Sementara itu, pada penderita diabetes tipe 2, melonjaknya kadar gula dalam darah bisa disebabkan oleh resistensi insulin.

Selain itu, gaya hidup yang enggak sehat, pola makan yang kurang baik, dan stres bisa menjadi penyebab terjadinya hiperglikemia.

Hiperglikemia ini harus segera ditangani karena dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius jika diabaikan. begitu saja oleh si penderitanya.

Hipoglikemia

Kadar gula darah yang rendah di bawah 70mg/dL merupakan tanda hipoglikemia. Ini merupakan kondisi yang serius karena gula darah sangat penting bagi sel tubuh.

Kalau kadar gula darah penderita diabetes terlalu rendah, maka bisa mengalami sakit kepala disertain dengan gejala lain, seperti mual, detak jantung cepat, meriang, hingga kejang.

Kadar gula darah yang terlalu rendah bisa disebabkan oleh pemberian dosis insulin yang terlalu banyak atau kurang karbohidrat.

Hipoglikemia juga harus ditangani segera dengan serius supaya enggak menjadi pemicu penyakit kronis lainnya yang berbahaya dan mengancam jiwa.

Nah, itulah dua penyebab mengapa penderita diabetes sering merasa pusing. Waspada, ya!