Menu

Penting! Kenali Jenis Kulitmu Biar Gak Salah Perawatan, Beauty

31 Desember 2021 10:30 WIB

Wanita dengan kulit wajah yang sehat. (Freepik/kitthanes)

HerStory, Rembang —

Perawatan kulit memang dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, ya Beauty. Jangan asal-asalan, lho! Ini karena kulit wajah lebih sensitif sehingga perwatannya pun beda dengan jenis kulit tubuh lainnya.

Nah, kamu juga harus tahu nih apa jenis kulitmu. Jadi perawatan yang kamu lakukan pun gak asal juga. Ini empat jenis kulit secara umum.

Kulit kering

Jenis kulit kering ditandai dengan kondisi kulit yang kering bahkan mengelupas. Biasanya kamu yang memiliki jenis kulit ini akan merasa kulitmu tertarik atau kencang setelah cuci muka dengan sabun.

Selain itu, kulit kering juga nampak mudah berkeriput dan terlihat kusam. 

Kulit kering kurang mendapatkan sebum, juga ya Beauty. Sehingga kelembapan kulit berkurang bahkan ada pula yang dijumpai tampilan kulit kasar.

Baca Juga: Masker Buah yang Bisa Bikin Kulitmu Sehat dan Cerah, Nomer 5 Khasiatnya...

Kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya ditandai dengan kulit wajah yang mengilap. Kamu yang memiliki jenis kulit seperti ini harus hati-hati dan rajin membersihkan kulit wajah.

Pasalnya, kulit berminyak rentan dengan komedo dan jerawat. Meski begitu tak perlu sedih, karena jenis kulit ini bisa menghambat penuaan dini karena pada dasarnya sebum sendiri adalah minyak alami kulit yang dihasilkan untuk menjaga kekenyalannya.

Kulit kombinasi

Sama seperti namanya, kulit kombinasi adalah kombinasi antara kulit kerig dan kulit berminyak. Umumnya nih pemilik kulit kombinasi ini, pada area T zone yaitu dagu, hidung dan dahi cenderung berminyak. Sedangkan pada area pipi, area  mata, dan leher cenderung lebih kering.

Kamu kamu memiliki jenis kulit ini, disarankan menggunakan dua produk berbeda di wajah. Pada area T zone menggunakan produk khusus untuk kulit berminyak. Sedangkan pada area kulit yang kering menggunakan produk untuk melembabkan kulit.

Kulit sensitif

Kalau kulitmu rentan mengalami iritasi, ruam dan alergi, bisa jadi jenis kulitmu adalah kulit sensitive, Beauty. Yup, pemiliki kulit jenis ini mudah bereaksi terhadap faktor tertentu, seperti cuaca, lingkungan, produk tak cocok, bahkan makanan sekalipun.

Ciri kulit sensitive juga ditandai dengan mudah terkelupas, kering, memerah dan terasa perih. Makanya kalau kamu memiliki jenis kulit sensitive  harus super extra dan sabar dalam merawat kulit, ya.

Kulit normal

Ini si jenis kulit impian semua orang. Pasalnya jenis kulit ini begitu ideal dan pas.

Tak berminyak, namun juga tak kering. Kelmbapan yang dimiliki pada jenis ini pas pada porsinya karena minyak yang tersebar merata. Warna kulit pun terlihat merata, pori-pori pun juga tak terlalu besar dan rentan alami iritasi.

Artikel Pilihan